LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

 

Oleh : Dewi Larasati

(Foto:  Amelia Larasati)

BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek Fakultas Ekonomi yang biasa disebut  SEMATA (Semangat Ta’aruf) 2017 hari kedua. Berbagai rangkaian acara yang dihadirkan oleh panitia untuk menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi, seperti penyampaian materi keislaman oleh Pak MB. Hendrie Anto, penyampaian materi keekonomian oleh Pak Faaza Fakhrunnas, hiburan dari ukm-ukm, pentas seni oleh peserta dan pembagian voucher gratis.

 Ada yang menarik diakhir acara kali ini yang menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu adanya nyanyian bersama lagu buruh tani yang dipimpin oleh beberapa panitia ospek. Bukan sembarang orang yang dipilih untuk memimpin menyanyikan lagu buruh tani ini , namun Feri selaku koordinator acara mengungkapkan “Mereka yang memimpin menyanyikan lagu buruh tani ini dinilai mampu dan berkompeten serta mengetahui makna dari lagu tersebut bukan hanya sekedar nyanyi-nyanyi saja” ujarnya.

 Lagu buruh tani yang diketahui baru ospek pada tahun ini diadakannya nyanyian bersama mahasiswa baru, Feri mengatakan “Saat angkatan 2016 itu ada tetapi hanya dinyanyikan saat pra-semata, memang baru 2 tahun ini saja ada nyanyian buruh tani, tahun kemarin dan tahun sekarang. Tahun lalu saat mau memasukkan lagu buruh tani ini untuk menyanyikan bersama mahasiswa dan mahasiswi pertimbangannya banyak karena baru konsep awal dan belum maksimal. Maka dari itu ditahun ini kita mencoba untuk memaksimalkan konsep tersebut” ujarnya.

Mahasiswa sudah mulai menurun dalam tugas dan fungsinya oleh sebab itu lagu buruh tani ini dipilih supaya maba dan miba nantinya lebih mengerti peran dan fungsinya sebagai mahasiswa. Selain itu lagu buruh tani identik dengan mahasiswa dan lagu yang semangat, Feri selaku coordinator acara berharap lagu buruh tani ini dikenal oleh mahasiswa, jadi setidaknya mahasiswa di FE UII pernah mendengar lagu ini walaupun tidak menghafalnya.

Pada semata hari kedua ini juga panitia ospek baru memberitahukan pakaian yang akan dipakai mahasiswa baru untuk hari berikutnya, hal ini mebuat banyak mahasiswa mengeluh karena mereka tidak memiliki setelan baju yang harus dipakai hari berikutnya.

Saat ditemui Feri selaku koordinator acara mengatakan ”DIsini kami mengambil nilai kepada peserta karena sebagai mahasiswa kita dituntut untuk berpikiran cepat apakah dalam kuliah, organisasi atau lembaga bahkan dalam dunia kerja” ujarnya. Hal ini sengaja dilakukan panitia, awalnya mahasiswa baru diberikan misteri clue oleh panitia namun karena adanya miscommunication antara panitia, beberapa mahasiswa baru ada yang sudah mengetahui barang bawaan esok hari. Namun pada hari ini baru diumumkan barang apa saja yang akan digunakan, memang hal ini mendapat respon negative oleh mahasiswa baru, namun tujuan dari hal tersebut adalah  kita semua dituntut untuk berpikiran secara ideal, cepat, dan matang mulai dari sekarang.

(Reporter : Dewi,Amel)

 

5581 Total Views 41 Views Today

Related Post

PESTA, LELAH TAPI SENANG

PESTA, LELAH TAPI SENANG

Foto: Ilham A. Perdana Bacaekon.com-Kampus. Telah genap dua hari Pekan Orientasi dan Ta’aruf (Pesta) Unisi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *