Di Balik Koreografi Pesta UII 2018

Di Balik Koreografi Pesta UII 2018

(Foto :  LPM Keadilan FH UII)

Oleh : Gilang B. Putra

Bacaekon.com, Kampus- Selasa (14/08/2018) lapangan sepak bola Univesitas Islam Indonesia (UII) telah menampilkan karya besar berupa koreografi yang dipersembahkan oleh seluruh mahasiswa baru beserta panitia dari acara Pra Pesona Taaruf (Pra Pesta UII 2018). Terlihat empat bentuk formasi yang ditampilkan seperti 73 tahun (Indonesia), Free Palestine, Support Asian Games 2018, logo UII, serta gambar tiga dimensi (3D) pahlawan nasional Muhammad Hatta dan Lafran Pane. Pelaksanaan koreografi ini pun ternyata hasil dari kerjasama oleh Campus Boys UII  yang merupakan kelompok suporter sepak bola dari UII.

Campus Boys UII dimintai bantuan oleh panitia Pesta UII 2018 bukan tanpa sebab, Campus Boys UII dianggap berpengalaman dalam pembuatan koreografi sehingga dipilih untuk bekerja sama dalam perancangan koreografi. Seperti yang dikatakan oleh Umbu Zisokhi Telaumbanua, Koordinator Komisi A Steering Committee (SC) Pesta UII 2018, “Kerja sama dalam bentuk perancangan dan pembuatan 3D, karena Campus Boys UII sudah sering dan handal maka kami minta bantuan,” Umbu juga menegaskan kerja sama dengan Campus Boys UII sudah berjalan mulai dari penggarapan koreografi Pesta UII 2017.

Latar Belakang Pemilihan Gambar.

Empat gambar yang terpilih menjadi koreografi dalam Pesta UII 2018 memiliki makna tersendiri pada setiap gambar. Koordinator Divisi Acara Organizing Committee (OC), Falah Ferdan mengungkapkan makna yang terkandung pada tiap logo yang dibawakan saat koreografi Pesta UII 2018. Koreografi yang pertama adalah logo UII, tujuan dari pemilihan logo ini sangat jelas, yaitu mengenalkan mahasiswa baru dengan tempat dimana mereka berada. Kedua, Free Palestine yang bertujuan mengenang serta mengingat masih ada saudara yang butuh bantuan. Logo yang ketiga, Asian Games 2018 yang merupakan bentuk perayaan dan andil dalam memperingati asian games yang telah berlangsung di Indonesia. Koreografi yang terakhir, yakni logo 73 Tahun Indonesia karena bertepatan dengan bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan Indonesia.

Selain dari keempat gambar yang telah disebutkan terdapat juga gambar 3D berupa pahlawan nasional Muhammad Hatta dan Lafran Pane. Menurut Umbu alasan dari terpilihnya dua tokoh ini bertujuan untuk melakukan pengenalan sejarah UII dan mahasiswa patut bangga terhadap sejarah UII. “Ini kan deket sama 17 Agustus, Muhammad Hatta kan wakil presiden pertama dan merupakan pendiri UII jadi itu yang dipilih,” ucap Koordinator Komisi A SC. Tokoh kedua, Lafran Pane, merupakan mahasiswa dan alumni UII. “Kita sebagai mahasiswa UII patut bangga dan ga boleh melupakan bahwa Lafran Pane ini alumni UII dan sudah menjadi pahlawan nasional,” tuturnya.

Koordinator Komisi A SC sendiri juga menututurkan bahwa pemilihan dua tokoh tersebut merupakan keputusan bersama dari seluruh panitia SC Pesta UII 2018 yang dirasa cocok dan pas. Hal ini didasari karena panitia ingin mengambil pahlawan nasional dari pendiri UII dan dari kalangan alumni atau mahasiswa UII. Hal yang sama juga dijelaskan oleh Fuad Ali selaku Ketua SC Pesta UII 2018 “Muhammad Hatta karena salah satu pendiri UII dan untuk mahasiswa baru walaupun acara ini acara rektorat untuk panitia mahasiswa juga kenapa kami mengangkat Lafran Pane ya saya rasa maba miba (Mahasiswa baru, Mahasiswi baru-red) perlu tahu siapa beliau toh juga namanya baru terangkat di tokoh nasional jadi gak ada masalah,” Ungkapnya.

Biaya Koreografi.

Dibalik koreografi mengagumkan yang telah dibuat ternyata dana yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Dalam rancangan anggaran biaya yang dibuat, kertas yang diperlukan untuk 4000 mahasiswa adalah Rp 10.000.000 dengan mengacu pada tahun 2017. Walaupun pada kenyataannya dana yang dikeluarkan untuk kertas tidak mencapai rancangan anggaran yang dibuat. Kiky Cahyan dari Komisi C SC Pesta UII 2018 menjelaskan, “Realitanya kalo beli kertasnya cuma 7 hingga 8 juta aja jadi murah, dan kain sama cat yang dibuat 3D sekitar 600 hingga 700 ribu.”

Sumber : Fuad Ali ketua SC Pesta 2018 2018.
Sumber : Fuad Ali, Ketua SC Pesta UII 2018.

Selain dari bahan baku, kerja sama yang dilakukan dengan Campus Boys UII ternyata juga tidak gratis. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kerjasama dengan tim Campus Boys UII sendiri memiliki nominal yang tidak sedikit yaitu sebesar Rp 10.000.000. Biaya yang dikeluarkan merupakan harga yang didapat dari hasil negosiasi panitia dan pihak Campus Boys UII. Dari penjelasan Koordinator Komisi A SC, Campus Boys UII awalnya mematok harga Rp 20.000.000 dengan kesepakatan seluruhnya dikerjakan oleh Campus Boys UII. “Setelah nego-nego dapet 10 juta peralatan dari panitia yang sediain, Campus Boys UII  hanya merancang dan menggambar 3D,” imbuh Umbu.

Bagi Umbu nominal Rp 10.000.000 bukanlah suatu pemborosan karena seni koreografi merupakan seni yang sulit dan harga tersebut  merupakan penghargaan terhadap Campus Boys UII. Hal serupa juga dikatakan oleh Kiky, “Gimana ya, itu sesuai sama kerjanya mereka buat tahun ini kan lebih ribet karena ada empat gambar sama ada 3D-nya kan,” Ujarnya.

Reporter : Gilang, Taufan, Rintan, Sinta

CATATAN REDAKSI :

  1. Narasumber telah melakukan permintaan untuk koreksi kepada kami karena yang bersangkutan telah keliru menyebutkan pernyataan. Dimana seharusnya menyatakan “Campus Boys UII”, namun menyebutkan “Brigata Curva Sud” atau selanjutnya disebut dengan singkatan “BCS” sebagai pihak yang telah bekerja sama dengan mereka.
  2. Berita ini merupakan koreksi dari berita dengan judul yang sama yang dipublikasikan pada situs web bacaekon.com (17/08) beberapa hari yang lalu.
  3. Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Pesta UII 2018 yang reporter terima dari panitia pada berita sebelumnya merupakan RAB yang belum diperbaiki.
  4. Koreksi ini merupakan hak narasumber dan menjadi kewajiban penulis serta redaksi apabila diminta, koreksi dapat dilakukan untuk mengantisipasi kesalahpahaman yang timbul diantara pembaca.
29362 Total Views 174 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *