Ketua OC: Kebersihan Ospek Tanggung Jawab Bersama

Ketua OC: Kebersihan Ospek Tanggung Jawab Bersama

Foto: Lafera

Oleh: Lafera Diah Kurnia Putri

Pada tahun 2015 ini, lebih dari 5000 mahasiswa tercatat telah resmi diterima sebagai mahasiswa/i Universitas Islam Indonesia (UII). Dalam rangka menyambut mahasiswa/i baru tersebut maka diadakanlah Pesona Ta’aruf (PESTA). PESTA merupakan acara tahunan yang diadakan UII bertempat di kampus terpadu Jalan Kaliurang km 14.5, Yogyakarta.

Senin, 24 Agustus 2015 merupakan hari kedua berlangsungnya rangkaian acara PESTA. Berbeda dari hari sebelumnya, hari kedua ini jumlah mahasiswa baru yang datang dirasa menurun. Hal ini diungkapkan oleh Muhammad AD Zikri selaku sekretaris jendral DPM Universitas.

“Kalau saya pribadi mungkin hari kedua ini sedikit lebih menurun pesertanya. Nggak tau kenapa,” kata AD.

Namun menurunnya jumlah mahasiswa baru yang hadir tidak serta merta menghilangkan sampah yang dihasilkan dari kegiatan PESTA. Hal ini terlihat pada lokasi berlangsungnya rangkaian acara. Lapangan yang digunakan untuk perhelatan acara terlihat kotor. Sampah kertas, plastik, maupun botol bekas minuman berserakan.

Menurut Ronaldo Fajriansyah selaku ketua OC, dirinya telah memerintahkan pemandu dan para mahasiswa baru untuk menjaga kebersihan baik sebelum maupun setelah rangkaian acara PESTA berlangsung.

“Kalau untuk kebersihannya setelah ospek itu tanggung jawabnya bersama,” terang Ronal, saat ditemui tim Ekonomika di sela-sela acara PESTA.

Dalam menangani permasalahan sampah ini, panitia telah meminta bantuan kepada rektorat dengan memasukkan surat kepada bagian cleaning service.

“Untuk pengelolaan sampah memang sebenarnya kita sendiri sudah memasukkan surat ke bagian pihak cleaning service. Jadinya pas hari H sudah ada. Pas kita sudah selesai ospek ya mereka langsung masuk aja, sama-sama bantu beresin sampah-sampah,” tambahnya.

Cleaning service tersebut dijadwalkan akan mulai membersihkan lapangan pada pukul 19.00 dibantu panitia sekaligus untuk persiapan rangkaian acara pada malam hari. Ronal menambahkan bahwa untuk kegiatan pada malam hari, kebersihan sepenuhnya menjadi tanggung jawab panitia.

Reporter: Ridho, Restin, Lita, Lafera, Immellita, Dina, Rafani

684 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *