KESEHATAN PESERTA SEMATA SETELAH PESTA 2016

KESEHATAN PESERTA SEMATA SETELAH PESTA 2016

(Foto : Dok. Ekonomika)

Oleh : Dina Artika Andeswari

Bacaekon.com – Kampus. Dalam rangka penyambutan mahasiswa/i baru, maka Fakultas Ekonomi UII melangsungkan serangkaian acara SEMATA tiap tahunnya. Perhelatan SEMATA 2016 dijadwalkan mulai pada Jumat (19/08), tepat dua hari setelah berakhirnya PESTA 2016 pada Selasa (16/08). Namun belum rampung pelaksanaan rundown yang disusun panitia SEMATA 2016, sudah terdapat maba/i yang terpaksa harus dibawa ke ruang kesehatan. Bahkan diantaranya terdapat salah seorang mahasiswa baru yang sampai harus dilarikan ke rumah sakit.

Nerning Galida, staf ahli divisi Kesehatan mengiyakan bahwa memang ada mahasiswa baru yang diangkat keluar lapangan parkir menggunakan tandu untuk dibawa dengan mobil saat agenda SEMATA masih berjalan. “Itu dia pertamanya tangannya kram, kemaren ngga dibawa pulang tapi dibawa ke rumah sakit,” jelasnya ketika ditemui pada Minggu siang (21/08). Ia mengatakan bahwa tangan dari mahasiswa tersebut tidak dapat dilemaskan. Kendati telah meminta bantuan dari Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) UII hasilnya tetap sama, hal tersebut disebabkan karena memang mahasiswa yang bersangkutan masih tegang serta panik.

Tidak hanya itu, ternyata maba/i yang harus dibawa ke ruang kesehatan melebihi jumlah yang selama ini diperkirakan oleh divisi kesehatan. “Lumayan. Perkiraan dua sampai 3 orang. Tapi ternyata sampai 13 orang. Kemaren sih 11–an orang yang miba. Kalau yang maba 2 orang,” ungkap Nerning. Selain itu, dirinya menuturkan bahwa maba/i yang mengalami pingsan banyak meski tidak mengetahui berapa jumlah pastinya. Hanya satu orang mahasiswa yang langsung pingsan di tempat berlangsungnya kegiatan SEMATA 2016.

Nerning juga menyebutkan bahwa maba/i yang harus dilarikan ke rumah sakit hanya satu orang. Sisanya masih dapat ditangani oleh divisi kesehatan karena termasuk dalam sakit ringan seperti maag atau pusing. “Ya biasanya kalo maag gitu ya ngga makan atau ngga sarapan. Disini kan kumpulnya jam 6 jadi kaya ngga sempet dan ngga membawa obat juga. Tapi juga ada yang membawa obat dokter,” tambahnya.

Sementara Koordinator Komisi B Imam Farash Badrani menyampaikan bahwa mahasiswa baru yang hadir untuk hari pertama hanya sekitar 500–an sedangkan hari kedua semakin berkurang karena ternyata banyak yang ijin sakit dan ijin–ijin yang lain. “Kemaren ada (yang pulang–red) tapi ambil jaminan bisa ktm, biar bisa balik lagi itu untuk yang tidak ijin sakit. Kalau yang ijin sakit ya mau ngga mau ya,” ucap mahasiswa Ilmu Ekonomi 2014 itu. Ketika ditanya mengenai jumlah maba/i yang sakit ia sendiri mengaku tidak mengetahui pastinya tapi selama tiga hari berlangsungnya SEMATA terdapat lebih dari 10 orang.

Selain itu Imam juga menerangkan jika memang fasilitas uks tidak memadai maka maba/i tersebut akan segera di antarkan ke rumah sakit atau dipulangkan. Hal tersebut dikarenakan memang demi keselamatan dan kesehatan para maba/i.

Reporter : Fenny, Dina

3514 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *