KEMULIAAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI DI HARI JUMAT

KEMULIAAN MEMBACA SURAT AL-KAHFI DI HARI JUMAT

(Sumber foto: salingsapa.com/konten/list/allsec/77)

Oleh: Dyah Kartika Putri

Bacaekon.com-Oase. Hari jumat merupakan hari yang mulia, inilah bukti kemuliannya seperti dalam hadist “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. . . . ” (HR. Abu Dawud, an Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus).

Begitu juga dengan amalan ibadah yang dikhususkannya sholat Jumat berikut amal-amal ibadah lain yang mengiringinya, yaitu keutamaan membaca surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi atau juga disebut Ashabul Kahf merupakan surat golongan Makkiyah atau yang diturunkan di Kota Mekkah. Surat ini terdiri atas 110 ayat. Surat Al Kahfi sendiri bermakna Gua dan Ashabul Kahf artinya penghuni-penghuni Gua, yang menceritakan beberapa pemuda yang tertidur bertahun-tahun di dalam Gua. Serta berisikan tentang beberapa perjalanan-perjalanan yang amat berguna bagi manusia.

Waktu sunnah membaca surat Al Kahfi menurut beberapa riwayat yaitu pada malam Jumatnya (kamis malam) dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari kamis sampai dengan terbenamnya matahari di hari jumat. Mengenai hal ini, Al-Hafidzh Ibnul Hajar rahimahullah mengungkapkan dalam Amali-nya, demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “hari” atau “malam” Jum’at. Maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud “hari” termasuk malamnya. Demikian pula sebaliknya “malam” adalah malam Jum’at dan siangnya.

Manfaat membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat yaitu memperoleh pengampunan dosa di antara duaJumat, serta pancaran cahaya diri. “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq,” (HR Al-Hakim). Bahwa ganjaran yang disiapkan bagi seseorang yang membaca surat Al Kahfi di akhirat kelak yaitu akan diberikan cahaya (disinari) dan cahaya itu akan diberikan pada hari kiamat yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya.“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Kemuliaan lain dari membaca surat Al Kahfi yaitu menangkal fitnah Dajjal, sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari Jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut, yaitu dengan membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama surat Al Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh ayat pertama, dan sebagian riwayat menerangkan sepuluh ayat terakhir.“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami). Berikut ini Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu terdapat atau berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal”.

Demikian kemuliaan salah satu amalan di hari Jumat dan manfaat membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat. Semoga kita yang mengetahui dapat mengamalkannya dan selalu dalam lindungan Allah serta  dimudahkan untuk melakukan amalan soleh lainnya.

2757 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *