Kemegahan Candi Ratu Boko

Kemegahan Candi Ratu Boko

(Sumber foto: galuhdaridesa.wordpress.com)

Oleh : Fenny Fithri Ramahani

Bacaekon.com-Rekomendasi. Candi Ratu Boko menawarkan kekayaan panorama alam yang tak akan terlupakan bagi yang mengunjunginnya. Tidak hanya itu, situs Ratu Boko memiliki keelokan tersendiri dibandingkan situs-situs lainnya karena posisinya yang berada di puncak perbukitan. Candi ini bagaikan istana di  puncak bukit. Terletak sekitar 3 km dari Candi Prambanan, tepatnya di Jalan Solo kilometer 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Untuk menempuh ke tempat tersebut, pengunjung dapat melaluinya dengan kendaraan sendiri maupun dengan paket yang ditawarkan dari Candi Prambanan. Jika memilih paket, pengunjung dapat membelinya langsung dari Candi Prambanan dengan membayar harga tiket masuk paket wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko sebesar Rp 45.000, kemudian nantinya akan diantar ke Candi Ratu Boko menggunakan mobil setelah mengunjungi Candi Prambanan.  Bisa juga jika pengunjung langsung membeli tiket masuk ke Candi Ratu Bokonya sebesar Rp 25.000.

Pengunjung bisa menikmati perjalanan menuju candi, jalan yang berkelok-kelok seperti jalan menuju ke pegunungan. Menuju ke tempat parkir, pengunjung akan melewati jalan dengan tanjakan yang lumayan tinggi sehingga harus berhati-hati dalam mengatur gas motor jika memakai sepeda motor.

Jika memilih parkir di bawah, candinya pun belum terlihat, sehingga membuat wisatawan penasaran akan letak Candi Ratu Boko tersebut. Menuju ke tempat candi tersebut, pengunjung harus berjuang dengan berjalan kaki lumayan jauh dan menaiki puluhan anak tangga yang cukup melelahkan. Kelelahan tersebut akan terbayar dengan keindahan yang luar biasa setelah  sampai di atas. Keindahan alam sudah dapat terlihat dengan berjalan sedikit naik dari tempat pembelian tiket dan mengarahkan pandangan ke arah kiri atau sedikit mendekat ke sisi tebing perbukitan. Wisatawan dapat mengabadikan keindahan tersebut dengan berfoto.

Setelah sesampainya di atas, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan perbukitan hijau yang terbentang luas menyelimuti kompleks Ratu Boko. Di  sepanjang perbukitan hijau, pengunjung dapat menikmatinya dengan bersantai sambil tiduran atau duduk di atas rerumputan hijau yang sejuk.Jika melihat sekitarnya, pengunjung dapat melihat kemegahan Candi Prambanan dari jarak jauh. Dari puncak Ratu Boko pengunjung tidak hanya menikmati keindahan candi, tetapi di sisi lain dapat menikmati keindahan panorama alam jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi sangat terlihat indah dengan kegagahannya.

Melangkah menuju kompleks Ratu Boko, sudah terlihat betapa indahnya bangunan sejarah yang telah ratusan tahun berdiri. Ketika pengunjung memasuki Ratu Boko, seakan masuk gapura yang menjadi bangunan khasnya Ratu Boko. Setelah melewatinya, pengunjung akan mendapatkan keindahan yang berlipat dan merasa tidak akan rugi jika mengunjunginya.  Melangkah semakin ke dalam,  pengunjung akan mengetahui betapa luasnya kompleks Ratu Boko dengan bangunan-bangunan peninggalan sejarah lainnya yang  merupakan bekas kraton seperti ruang paseban, kolam, pendopo, pringgitan, keputren dan dua ceruk gua untuk bermeditasi.

Keindahan Ratu Boko ini direkomendasikan bagi pengunjung yang memiliki hobi fotografi. Keindahan yang sangat ditunggu pengunjung, saat panorama sunset yang sangat indah dijadikan sebagai spot untuk pemotretan di sore hari. Disarankan bagi pengunjung jika mengunjungi Candi Ratu Boko pada saat sore hari sekitar pukul 4 sampai menjelang maghrib agar tidak terlalu panas dan dapat menikmati suasana sunset yang dapat terlihat dari kawasan Ratu Boko.

 

 

 

1151 Total Views 1 Views Today

Related Post

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

(Foto: ebooks.gramedia.com) Oleh: Ulfa Fajria Ayub Judul                  : Seperti Bulan dan Matahari, Indonesia dalam Catatan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *