Berita Kampus

Kebakaran di Lantai 3 FBE UII, Tidak Ada Korban Jiwa

Foto : Ahmad Kevin Anandy

Narasi : Ikrar Aruming Wilujeng

Bacaekon.com-Telah terjadi kebakaran di Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia (FBE UII) pada Sabtu (27/02). Kebakaran tersebut terjadi di lantai 3. Api melalap gedung Pasca Sarjana, tepatnya di Ruang Sidang. Menurut keterangan Mashuri, staff bidang Teknologi dan Informasi (TI) yang sedang berada di kampus ketika kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.15 WIB.

“Waktu kejadian saya ada di ruang TI. Lalu ada info dari Cleaning Service (CS) bahwa keluar asap (dari dalam gedung) tetapi pintunya terkunci. Lalu kita dobrak pintunya. Kita nelpon (Damkar) baru menangani. Karena posisi cuaca panas, dan yang terbakar itu kertas dan dinding-dindingnya, juga triplek triplek,” ujar Mashuri.

Sembari menunggu Damkar, Mashuri dan CS memakai Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan hydrant dari gedung sebelah untuk menghalau api. Namun air dari hydrant tidak cukup untuk memadamkan api. Kemudian Damkar datang di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB.

Bayu Ibrahim, operator Damkar, menerangkan bahwa ketika Damkar datang di lokasi kobaran api sudah membesar. “Sudah memenuhi ruangan. Dan sudah merembet ke beberapa ruangan lain,” ujarnya. Total ada 8 mobil Damkar yang dikerahkan: 5 dari Sleman, 2 dari Kota Yogyakarta, dan 1 dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Damkar melakukan lokalisir agar api tidak merembet ke area lain untuk meminimalisir kerugian. “Setelah api tidak membara lagi lalu kita lakukan pemadaman,” ujar Bayu. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, karena pada hari Sabtu kegiatan perkantoran di kampus sedang libur. Sementara ini, kerugian yang ditumbulkan belum diketahui.

“Kita sudah siapkan mitigasi lanjutan, bekerja sama dengan Badan Wakaf, rektorat, dan fakultas untuk menjamin bahwa proses bisnis, layanan akademik, dan layanan adminitrasi tetap berjalan dengan baik,” ujar Fathul Wahid, Rektor UII saat ditemui di kampus FBE UII.

Fathul menegaskan bahwa kebakaran ini adalah bencana yang harus diterima. Kampus bertanggung jawab penuh untuk perbaikan infratruktur yang terbakar. “Kita ambil pelajaran. Yang ada bolong-bolong di manajemen kita perbaiki. Kita pastikan proses bisnis dan layanan yang lain bisa normal kembali,” ujarnya.

*Berita ini telah disunting pada Sabtu (27/02) pukul 15.03 WIB terkait respon lanjutan dari pihak kampus

Reporter : Ahmad Kevin Anandy dan Amellya Candra

 

362 Total Views 4 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *