Berita Kampus

Bagaimana Nasib Kantin di FBE UII?

Foto: Daffa Windra

Narasi: Nelva Qablina

Bacaekon – Sudah hampir satu semester perkuliahan daring dilaksanakan di FBE UII. Banyak fasilitas-fasilitas kampus yang selama dua tahun terakhir berhenti beroperasi, dan harus kembali beroperasi untuk mendukung perkuliahan secara offline. Namun, selama perkuliahan daring banyak fasilitas yang  perbaharui untuk menunjang perkuliahan mahasiswa ketika perkuliahan luring dimulai. Dengan tujuan memberikan fasilitas-fasilitas yang mendukung perkuliahan mahasiswa ketika perkuliahan luring dimulai. Beberapa fasilitas yang sudah diperbarui seperti parkiran mahasiswa, perpustakaan dan yang terakhir adalah kantin. 

Pada Desember 2021, Divisi Umum dan Rumah Tangga Fakultas Bisnis Ekonomika UII berencana untuk memulai untuk membangun kantin. Yang mana kantin di FBE UII awalnya hanya berupa kantin kejujuran yang awalnya terletak di belakang gedung fakultas. Menurut Djatiantoro selaku kepala Divisi Umum dan Rumah Tangga “Kantin yang sebelumnya berada di belakang gedung fakultas itu biasanya diisi kebanyakan mahasiswa laki-laki yang mana menyebabkan mahasiswi banyak yang tidak berani untuk ke kantin,” Menurut Djatiantoro, kantin yang baru diposisikan menjadi dekat dengan gedung fakultas sehingga dapat dikunjungi oleh semua mahasiswa dan aktivis fakultas bisnis dan ekonomika. 

Adapun tujuan lain dibangunnya kantin di FBE UII adalah salah satunya menjadi ikon kampus, dengan gaya yang modern dan tentunya sangat berbeda dengan keadaan kantin sebelum pandemi. Kantin FBE UII akan dibuka untuk umum, dimana nantinya akan ada 6 tenant dan 5 booth. Tentunya kantin ini nantinya akan dibantu oleh koperasi mahasiswa dan beberapa alumni hingga mahasiswa dari FBE UII yang memiliki bisnis. Alumni dan mahasiswa dapat mengembangkan bisnis mereka di kantin FBE UII, dengan tujuan hal ini juga kemudian bisa menjadi semangat para mahasiswa FBE UII untuk memulai dan membangun bisnis. 

Proses pembangunan kantin fakultas ini sudah berlangsung selama setahun sejak Desember 2021. Djatiantoro menambahkan bahwa “Bulan Desember ini kita akan melaksanakan serah terima dari vendor, pembangunan sudah selesai sejak bulan Oktober 2022 namun, karena terjadinya kendala teknis maka serah terima dari vendor dilakukan bulan ini.” Dengan adanya serah terima dari vendor kepada pihak fakultas maka pembangunan gedung sudah benar-benar selesai. Langkah selanjutnya akan dikelola oleh fakultas sampai dengan peresmian pembukaan kantin ini nantinya. 

Djatiantoro juga mengatakan “rencana soft launching kantin akan dilaksanakan dalam bulan Januari”. Dengan soft launching kantin ini maka dengan itu untuk semester genap semua mahasiswa sudah bisa menikmati fasilitas kantin FBE UII. Menurut rencana, kantin FBE UII dengan konsep modern ini nanti akan dibukakan dari dalam 7 pagi sampai dengan 9 malam. “Dari pada mahasiswa makan di luar atau di cafe lain, lebih baik di kampus. Karena di kampus lebih aman ada security jadi akan lebih baik jika mahasiswa memanfaatkan fasilitas kantin ini,” tutup Djatiantoro. 

Tentunya pembukaan kantin baru di FBE UII ini tentu sudah dinantikan oleh para mahasiswa di Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII. Arina Fitriana selaku mahasiswa FBE UII mengatakan “Semoga kantin FBE UII bukan hanya sebagai fasilitas yang nyaman untuk jajan tapi juga bisa nyaman untuk mengerjakan tugas,” Tidak hanya sekedar menuntaskan lapar sehabis kelas, mahasiswa FBE UII juga mengharapkan fasilitas yang disediakan di kantin seperti meja dan kursi yang ada di kantin FBE UII mendukung untuk mengerjakan tugas dan diskusi kelompok. Dan semoga dengan adanya kantin fakultas ini dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi mahasiswa tetapi bagi seluruh aktivis kampus.

Reporter: Nelva dan Amanda

Editor: Salwa Nidaul Mufidah

538 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *