Berita Kampus

Kampanye Mimbar, Orasi di Pantai

Oleh : Restin Septiana

Bacaekon.com-Kampus. Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KM UII) telah memasuki masa kampanye mimbar. Di Fakultas Ekonomi (FE) UII sendiri kampanye mimbar berlangsung pada 21-22 Mei 2015.

Bertempat di Pantai FE UII, 19 calon legislatif (caleg) tingkat fakultas akan melakukan orasinya. Di hari pertama kampanye mimbar berlangsung dari pukul 09.30-16.30 WIB. Sedangkan waktu kampanye mimbar pada hari kedua cenderung lebih cepat yaitu dimulai pukul 09.30-15.00 WIB.

Sementara sejatinya, Pantai FE UII setiap hari menjadi tempat bersantai mahasiswa sembari menunggu jam perkuliahan dimulai. Kemudian dalam dua hari tersebut disulap menjadi penuh kursi dan mimbar orasi. “Kalau tempatnya sendiri kan kalau dulu kita biasanya menggunakan hall tengah tapi sekarang kan sedang dijadikan tempat ibadah,” ujar Kiemas Gunawan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ditemui Tim Ekonomika di sela-sela orasi caleg pada Kamis (21/05).

Selain itu Kiemas juga menambahkan bahwa pemilihan Pantai FE UII sebagai tempat kampanye mimbar berkat diskusi bersama dekan. Sebab dirasa KPU, sangat tidak efektif apabila kampanye mimbar harus dipaksakan terlaksana di Hall FE UII. Karena harus menggulung tikar terlebih dahulu kemudian harus memasangnya kembali ketika telah memasuki waktu shalat.

“Dan itu sangat-sangat membutuhkan waktu dan tenaga Panwil (Panitia Wilayah) secara kuantitas juga terbatas,” tambah Kiemas.

Memang diakui Kiemas, Pantai FE UII yang areanya lebih kecil dari Hall FE UII akan berdampak pada daya tampung mahasiswa yang ingin hadir dalam kampanye mimbar. Terlihat pada hari pertama kampanye mimbar, sebab kursi yang disediakan pun telah terisi maka tidak sedikit mahasiswa yang akhirnya berdiri maupun duduk di tangga.

“Karena tempat yang sangat besar yaitu hall itu dipakai dan kita diberi tempat oleh pihak kampus di pantai, mau gak mau kita harus menerima,” ujar Kiemas. Meski begitu penyelenggaraan kampanye mimbar kali ini oleh KPU yang dibantu Panwil diakui Kiemas sudah cukup baik, dari segi teknis maupun pelaksanaannya.

 

Reporter : Restin S

 

812 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *