Jenis – Jenis Situs Web

Jenis – Jenis Situs Web

(sumber foto :  metadatastudio.com)

Oleh: Muhammad Irsan Rahadian

Bacaekon.com-Advetorial. Dalam dunia internet, situs web biasanya digolongkan dalam tiga jenis, yaitu situs web statis, dinamis, dan interaktif. Mari kita bahas masing – masing jenis tersebut.

Pertama untuk situs web statis. Situs web ini merupakan situs yang dirancang secara manual dengan cara mengetik kode – kode HTML menjadi suatu halaman web. Situs web ini dibuat dengan tujuan bukan untuk diperbaharui dalam waktu yang singkat, melainkan untuk waktu yang lama. Situs web seperti ini cocok digunakan untuk demo contoh situs web, website landing page, atau untuk menampilkan promosi jasa/produk tertentu dari situs web utama.

Saat Anda ingin membuat sebuah situs web, berhati – hatilah. Sebab beberapa developer menawarkan situs web murah, namun jika dicermati ternyata situs web yang mereka tawarkan adalah situs web statis yang perlu diedit secara manual dan harus ditulis ulang datanya jika ingin berganti tampilan. Kelebihan dari jenis situs ini adalah waktu pembaharuannya tidak harus berkala, namun kekurangan situs ini adalah tidak direkomendasikan untuk pemakaian yang memerlukan waktu pembaharuan cepat, sebab akan merepotkan Anda di waktu nanti ingin memperbaharui data dan desain.

Kemudian ada pula istilah situs web dinamis. Jenis situs ini adalah situs web yang dapat diperbaharui secara mudah sehingga isi dari situs web tersebut dapat berubah sesuai kebutuhan Anda. Situs web dinamis memiliki dua macam halaman. Pertama yaitu halaman depan atau frontpage website yang dapat diakses oleh pengunjung.

Kemudian ada pula halaman backendadministrator, yaitu halaman yang hanya dapat diakses dan dibuka oleh pemilik situs web. Dari halaman tersebutlah pemilik/admin dapat mengubah dan memperbaharui isi situs web. Di dalamnya sudah terdapat pula program yang disediakan oleh jasa pembuatan situs web untuk mengubah isinya. Setiap perubahan yang dilakukan di halaman ini akan ditampilkan di frontpage secara otomatis.

Keuntungan website dinamis adalah mudahnya untuk memperbaharui data, tampilan situs, dan dapat dipakai untuk membagikan informasi situs web antara info untuk umum dan info khusus bagi pengunjung.

Kemudian yang ketiga adalah situs web interaktif. Situs web interaktif adalah pengembangan lebih lanjut situs web dinamis. Di mana dalam situs web interaktif terjadi komunikasi dua arah antara pengunjung dan admin/pengurus atau antara pengunjung dengan sesama pengunjung. Contoh situs web interaktif adalah Facebook.com.

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

1168 Total Views 2 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *