Jelajah Kebesaran Islam di Langit Amerika

Jelajah Kebesaran Islam di Langit Amerika

(sumber foto : goodreads.com)

Oleh : Restin Septiana

Judul buku     : Bulan Terbelah di Langit Amerika

Penulis           : Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan         : 2015

Jenis Buku     : Novel

Tebal Buku    : 343 halaman

ISBN               : 978-602-03-0545-5

Bacaekon.com-Rekomendasi. Bulan Terbelah di Langit Amerika adalah novel yang mengisahkan tentang sebuah perjalanan. Tidak saja perjalanan secara  fisik tapi juga spiritual. Novel yang ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra ini menceritakan sebuah perjalan tidak terduga mereka di Amerika.

Berawal dari Wina, Austria tempat sang suami, Rangga Almahendra mendapat beasiswa doktornya hingga sebuah perjalanan yang sangat berkesan dan penuh makna di Amerika bersama sang istri, Hanum Rais. Hanum Rais yang menjadi jurnalis sebuah media di Austria tanpa sengaja mendapat tugas dari bosnya. Tugas yang sempat ditolak namun akhirnya ia diterima, yaitu menulis sebuah artikel tentang “ would the world be better without Islam?”

Sebagai seorang muslim, Hanum gelisah jiwanya berontak akankah ia sanggup menulis artikel tentang itu. Bagaimanakah ia mampu membuktikan bahwa dunia tidaklah lebih baik tanpa Islam. Artikel itu sejatinya diangkat oleh media tempat Hanum bekerja demi mendongkrak popularitas dalam rangka peringatan tragedi 11 September 2001 di Amerika. Tragedi yang membuat warga Amerika bahkan dunia trauma terhadap nama Islam. Tragedi pembajakan pesawat yang kemudian menabrakannya pada gedung pencakar langit di Amerika, World Trade Center.

Di sisi lain, tanpa disengaja Rangga juga harus berangkat ke Amerika untuk mengikuti seminar dan demi menjalankan tugas dari dosennya. Hingga akhirnya keduanya berangkat ke Amerika. Berbagai hal tidak terduga terjadi dan justru semakin menunjukan kebesaran Allah SWT. Dalam peristiwa yang tidak terduga mereka terpisah di kota New York, akibat bentrokan ketika terjadinya demonstrasi warga yang menolak pembangunan salah satu masjid di New York.

Di dalam novel ini ditunjukan kebesaran Allah SWT, bagaimana ketika Hanum terpisah dari suaminya, ia justru bertemu dengan narasumber-narasumber yang akan merubah trauma setiap orang tentang Islam. Selain itu hal menarik ia ketahui dalam upaya pencarian data guna menulis artikel yang menjadi tugasnya ke Amerika. Hal yang belum banyak orang ketahui, tentang sejarah antara Islam dan Amerika. Keterkaitan antara keduanya hingga kini masih terbukti keberadaannya.

Sebuah novel yang menarik untuk dibaca. Novel yang seakan menarik setiap pembacanya ke dalam memoar masa lampau. Memberikan gagasan serta pengetahuan baru. Namun, sedikit yang akan membingungkan pembaca adalah disebutkannya beberapa tokoh yang ada di novel sebelum Bulan Terbelah di Langit Amerika, yaitu 99 Cahaya di Langit Eropa. Sehingga akan menimbulkan kebingungkan bagi pembaca yang tidak membaca novel sebelumnya. Meski begitu, novel Bulan Terbelah di Langit Amerika sangat menarik dan patutlah menjadi daftar referensi novel yang menginspirasi untuk menemani setiap pembaca. Jadi, tunggu apalagi? Segeralah menjelajah langit Amerika.

 

1341 Total Views 1 Views Today

Related Post

Letter To Sweet Coffee

Letter To Sweet Coffee

Oleh: A. Gunawan Judul               : Surat Untuk Kopi Manis (Letter To Sweet Coffee) Penulis             :…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *