It’s Cool to be Volunteer !

It’s Cool to be Volunteer !

Oleh : Dyah Kartika Putri

Bacaekon.com-Info Kampus. Tepat hari Jumat 24 April 2015, pukul 19.30-22.00 WIB, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ekonomika kembali menyelenggarakan Forum of Discussion (FASION). Bertempat di Hall Tengah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), FASION kali ini bertemakan It’s cool to be volunteer.

Menghadirkan dua pembicara, yaitu  Irfan Prabowo atau biasa dikenal Fanbul yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UII semester 9. Fanbul sendiri aktif di beberapa organisasi dan komunitas sosial di antaranya sebagai founder dari Saung Mimpi, founder dari Forum Jogja Peduli, founder dari Stand Up Comedy UII. Selain itu ia juga aktif sebagai buzzer dan social media strategist pro-bono, telah membuat beberapa crowdfunding dan campaign berbasis media sosial, di antaranya: #MajuTerusAkas, #SumbangPanti, #CeritaUntukIndawa, dan pengalaman lainnya. Kemudian pembicara selanjutnya tidak kalah berpengalaman dalam dunia volunteer yaitu Lalu Hendri Bagus Setiawan atau biasa di panggil Lalu adalah mahasiswa Televisi & Film, Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI) semester 6. Ia juga sebagai Ketua Koalisi Pemuda Hijau Indonesia ( KOPHI ) Yogyakarta , Koalisi Pemuda Lingkungan Hidup Indonesia Berkelanjutan, Relawan dari Earth Hour Yogyakarta ( EH ), Founder dari Bencana Ketahanan Indonesia ( direc Indonesia ).

 

Lantas mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang apa itu volunteer ? Manfaat apa yang bisa diambil saat bergabung menjadi volunteer dan bagaimana cara bergabung menjadi volunteer? Itu adalah beberapa pertanyaan saat diskusi berlangsung tadi malam (24/4). Volunteer bisa diartikan sebagai relawan atau tenaga sukarela di mana seseorang atau kelompok yang berkegiatan sosial, pendidikan, maupun yang lainnya melakukan tanpa pamrih ataupun mengharap suatu imbalan. Pada diskusi tersebut juga dibahas mengapa mahasiswa perlu tahu atau bahkan perlu bergabung menjadi volunteer. Karena mahasiswa bisa mengembangkan softskillnya dengan keluar dari zona nyaman yang bertujuan membangun dan meningkatkan kualitas diri. Cara berbagi tidak harus dengan materi melainkan sesuai kemampuan seseorang baik tenaga misalnya menjadi relawan bencana alam, pikiran dengan ide-ide yang cemerlang serta kemampuan seseorang  lainnya yang kiranya bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Seperti yang dibilang Fanbul, “Banyak orang yang menyepelekan hal kecil padahal itu memberikan manfaat serta dampak yang besar.”

 

Saat berbagi pengalaman  menjadi volunteer Lalu Hendri Bagus Setiawan atau yang akrab disapa Mas Lalu juga memaparkan manfaat yang dirasakan adalah bisa melihat permasalahan serta lingkungan dengan berbagai perspektif. Tidak lupa kedua pembicara pada diskusi malam itu (24/4) juga memberikan  trik-trik bagaimana bergabung serta tetap konsisten saat menjadi volunteer. Jika awalnya kita belum mengetahui passion pada diri kita apa, tidak menjadi masalah untuk mencoba mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan volunteer, serta motivasi mau belajar dan berbagi. Menjadi volunteer haruslah sesuka-sukanya dan serela-relanya, karena suka saja tanpa rela atau sebaliknya rela saja tanpa suka maka semua akan terasa berat.

 

 

Tema dan pembicara di atas, diharapkan diskusi malam tersebut memberikan motivasi kepada mahasiswa yang hadir dan bergabung mengikuti diskusi Fasion. Di mana mahasiswa bisa melatih softskill mereka dengan bergabung atau berpartisipasi menjadi volunteer baik dalam bidang sosial, pendidikan, lingkungan dan lain-lain. Agar mahasiswa dapat membangun relasi tidak hanya di ligkungan kampus melainkan bisa langsung terjun ke masyarakat.

 

 

 

 

2289 Total Views 4 Views Today

Related Post

OPEN RECRUITMENT LPM EKONOMIKA 2016

OPEN RECRUITMENT LPM EKONOMIKA 2016

Halo guys, Open Recruitment LPM Ekonomika periode 2016 kini telah dibuka terhitung mulai hari ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *