INDONESIA–FILIPINA, DI ATAS KAPAL

INDONESIA–FILIPINA, DI ATAS KAPAL

(Sumber Foto : aktual.com)

Oleh: Dina Artika Andeswari

Bacaekon.com–Ekonomi. Setelah beberapa kali melakukan ekspor di bidang industri pesawat terbang oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI) pada sepanjang tahun 2015, kini satu lagi prestasi telah ditorehkan oleh anak bangsa di kancah internasional. Yakni PT Penataran Angkatan Laut Indonesia (PT PAL) yang dengan bangga melepaskan produk kapal perangnya untuk diekspor ke Filipina secara perdana pada 8 Mei 2016 dan diterima pada 13 November 2016 lalu. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa karya anak Indonesia diminati oleh pasar internasional.

Kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) sebenarnya pertama kali diluncurkan oleh PT PAL pada 18 Januari 2016. Kemudian pihaknya memenangkan hati Kementerian Pertahanan Filipina pada tender internasional melawan 8 negara lainnya. Kapal perang ini diberi nama BRP TARLAC (LD-601) sesuai dengan nama kota tempat kelahiran Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte, yang ditawarkan senilai US$ 90 juta atau sekitar Rp 1 triliun lebih. Kapal SVV merupakan hasil dari pengembangan kapal Landing Platform Dock 125 meter, setara dengan KRI Banda Aceh 593 dan KRI Banjarmasin 592.

Kapal yang pengerjaannya dilakukan di Surabaya ini memiliki panjang 123 meter, lebar 21,8 meter serta tinggi 11,30 meter. Selain itu, kapal perang yang mampu melesat dengan kecepatan 16 knot tersebut juga dapat mengangkut 621 personil tentara, 120 kendaraan amfibi serta memiliki ketahanan berlayar selama 30 hari. Tidak hanya memiliki fungsi sebagai angkutan bantuan kemanusiaan, kamar, rumah sakit hingga helipad, pada badan kapal dapat dipasangi perangkat rudal serta dilengkapi dengan senjata kaliber 75 milimeter (mm). Keunggulan lain yakni, bahwa kapal ini sangat cocok digunakan oleh negara kepulauan karena dapat mencapai perairan dangkal. ( sumber, https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3335433/kapal-perang-made-in-surabaya-ini-diekspor-sampai-ke-filipina diperoleh 2 November 2016)

Mantan Kepala Angkatan Laut Filipina, Jesus Millan menyatakan bahwa BRP TARLAC (LD-601) menjadi kapal terbesar yang pernah dimiliki negaranya. “Secara pribadi saya bisa mengatakan bahwa untuk kategori transportasi kapal kelas Tarlac ini adalah yang terbesar saat ini karena memiliki kapasitas beban standar 7.200 ton dibandingkan Bacolod City-class 4.265 ton,” ucapnya sembari membandingkan kapal Tarlac dengan kapal yang pernah dimiliki Filipina sebelumnya. Dirinya menambahkan bahwa SSV merupakan kapal yang dapat melakukan multi-peran, karena selain memiliki kemampuan perang juga sangat berguna untuk misi bantuan kemanusiaan, bencana, bahkan dapat dijadikan sebagai rumah sakit apung. Selanjutnya, diharapkan kapal ini menjadi aset penting untuk operasi sipil-militer karena kemampuannya dalam mengangkut sejumlah besar tentara dan logistik. (sumber: http://international.sindonews.com/read/1108939/40/tarlac-buatan-indonesia-jadi-kapal-perang-terbesar-filipina-1463393382 diperoleh 2 November 2016)

Seorang anggota angkatan laut Filipina yakni Captain Francis Alexander R Jose, yang turut dalam rombongan pengiriman kapal memuji kecanggihan yang dimiliki kapal perang buatan Indonesia tersebut. “Bagus, dan saya merasakan sendiri dengan memaksimalkan kecepatan yang dimiliki SSV TARLAC, terbukti tetap stabil dan tidak ada goncangan,” ujarnya seusai melakukan tes kecepatan maksimal saat kapal memasuki Selat Makasar, Indonesia. (sumber, http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/05/13/o73ef6365-filipina-akui-kecanggihan-kapal-perang-buatan-indonesia diperoleh pada 2 November 2016)

Selain kapal perang, Filipina juga melakukan pemesanan yaitu kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) yang akan dikirim pada 2017 mendatang. Masa pembuatan kedua kapal ini memakan waktu hingga 2 tahun, yang sudah termasuk proses desain hingga proses akhir pembuatan kapal. Tidak sendiri, kesuksesan ini juga merupakan kerja sama dengan galangan kapal DSME Korea Selatan melalui transfer teknologi, yang sebelumnya juga pernah terlibat pembuatan tiga kapal selam.

7035 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *