Film Rekomendasi

Imperfect: Kebahagiaan Tak Sembunyi di Lipatan Perutmu

Ilustrasi: byputy (instagram)

Oleh: Mellyana Safitri*

Maraknya kasus perundungan di kalangan masyarakat mengenai body shamming, tanpa disadari telah terjadi dalam sebuah lingkungan keluarga, kerja, dan lingkup lainnya. Ernest Prakasa mengemas semua permasalahan itu dalam sebuah film berjudul “Imperfect”. Seperti biasa Ernest mengemas rapi dalam balutan komedi ringan. 

Pertama menonton langsung disambut oleh Rara, pemeran utama. Seorang wanita dengan tubuh gendut, berkulit sawo matang, dan selalu cuek dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitarnya. Lagi pula, Rara sudah punya Dika (pacarnya yang diperankan oleh  Reza Rahadian), seorang fotografer yang menjadi kekasih setianya. Meskipun banyak orang-orang yang menggunjing hubungan mereka, mereka memilih untuk cuek akan hal itu. 

Namun, di balik cueknya Rara terkadang ia merasa insecure terhadap dirinya sendiri karena ibunya selalu membanding-bandingkan dengan Lulu, adiknya. Mereka berdua secara fisik terlihat berbeda sekali. Perbedaan perlakuan ibunya pada Rara dan Lulu membuat Rara seolah olah seperti dianak tirikan dalam keluarganya.

Memang tidak ada yang bisa menyalahkan Rara atas kecuekannya dalam berpenampilan, toh dia sendiri yang ingin jadi seperti itu. Tapi, pada satu situasi karirnya, Rara mau tak mau harus merubah dirinya sesuai dengan “apa kata orang”. Dorongan besar demi keinginan yang selama ini Rara ingin capai itu memperkuat tekad Rara untuk berubah. Di dalam dunia kerja, Rara selalu mendapat bully yang membuatnya tertekan. Tetapi hal itu tidak terlalu Rara pedulikan, hingga suatu keadaan ketika atasan Rara mengatakan “di industri kita ini isi kepala aja ga cukup, penampilan juga penting,” seolah mendapat hantaman yang mengharuskan Rara untuk berubah.

Apa yang ingin dicapai oleh Rara mulai terwujud. Namun, di saat dia sudah mencapai semua yang diinginkan, saat itu juga Rara harus siap kehilangan semua hal yang ia cintai, termasuk Dika sebagai kekasihnya. Lambat laun Rara menyadari atas semua perubahan, perubahan sikap orang-orang yang menyayangi Rara merupakan pukulan paling keras. Pada akhirnya semua itu bisa Rara kembalikan seperti semula, bahkan terlihat lebih indah dari sebelumnya. 

Jadi film ini wajib banget kalian tonton, terutama buat orang-orang yang insecure dengan diri sendiri. Kita memang tidak perlu repot-repot untuk mendengarkan “apa kata orang”. Tetapi terkadang ada kalanya kita perlu mendengarkan hal itu, bisa jadi itu mampu membuat diri kita jadi lebih baik. 

Dika diperankan oleh Reza Rahadian, siapa sih yang ga tau Reza Rahadian? Reza di sini memerankan Dika dengan karakter romantis, suka ngegombal, seorang fotografer muda dan ganteng. Dia tidak malu untuk membawa Rara ketika bekerja, persetan dengan para modelnya yang cantik dan semampai.

Yang memerankan Rara, Jessica Mila, ia terkenal cantik, putih, dan langsing. Di film ini dia memerankan tokoh yang sangat berbeda dengan aslinya. Bahkan, yang namanya totalitas tanpa batas, dia juga harus menaikkan berat badannya sampai 10 Kg, dan itu susah banget ya pastinya. Jessica Mila berhasil memerankan Rara dengan sangat natural.

Sedikit cerita, kisah Imperfect ini terjadi di kehidupanku. Aku memang insecure dengan fisikku karena badanku yang kurang tinggi, ditambah berat badanku yang tidak ideal, akhirnya membuatku semakin terlihat pendek. Tetapi, masa iya aku mau gini terus? Ya engga dong, mulai sejak itu aku berpikir untuk lebih mencintai diriku sendiri, lebih bersyukur atas karunia-Nya karena banyak banget di luar sana yang tubuhnya kurang sempurna. So? Love yourself, he he he.

 

*Penulis adalah magang LPM Ekonomika

Editor : Ikrar

240 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *