Berita Yogyakarta

Gerakan Mari Berbagi, Aksi 1000 Rupiah Untuk Nepal

Oleh : Dimas Putra

Bacaekon.com-Yogyakarta. Beberapa minggu yang lalu tepatnya 25 April 2015 dunia tengah diselumuti berita duka dari Nepal. Setidaknya tidak kurang dari 7.500 korban diperkirakan meninggal akibat gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter ini (tempo.co). Beberapa aksi solidaritas pun muncul dari berbagai kalangan di beberapa negara. Tak terkecuali di Indonesia, Minggu 10 Mei 2015 beberapa orang yang tergabung dalam komunitas Gerakan Mari Berbagi (GMB) melakukan aksi solidaritas secara serentak di sembilan kota di Indonesia (Aceh, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Balikpapan, Palu, Lombok dan Yogyakarta).

Di Yogyakarta, aksi solidaritas ini dilaksanakan dengan melakukan pengumpulan dana di kawasan Sunmor (Sunday Morning) Jl. Olahraga, Universitas Gadjah Mada yang memang terkenal ramai dikunjungi warga Jogja pada Minggu pagi. Dalam aksi ini relawan dari GMB melakukan kolaborasi dengan beberapa komunitas sosial lainnya yang ada di Jogja. Sekitar pukul 08.00 WIB, relawan berkeliling dengan berbekal spanduk kecil yang bertuliskan “#1000 Rupiah For Nepal” dan beberapa kotak sumbangan yang digunakan untuk menampung uang sumbangan dari masyarakat. Gerakan yang terbentuk sejak tahun 2012 ini cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan soisial, “GMB ini adalah gerakan yang mendorong teman-teman untuk sadar bahwa kita hidup di dunia ini pasti membutuhkan orang lain, jadi kita tidak selalu ada di posisi atas, kita juga bisa berada di posisi bawah”, ujar Manda salah seorang anggota GMB.

Dalam aksi pengumpulan dana untuk Nepal ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 16 Mei yang akan diselenggarakan di alun-alun kota Bandung. “Dalam acara tersebut akan di laksanakan pengumpulan dana terakhir dan charity  konser”, tambah Manda di sela-sela perbincangan dengan tim Ekonomika. Seluruh dana yang telah terkumpul di sembilan kota tersebut akan ditampung oleh GMB perwakilan Bandung, yang nantinya akan disalurkan kepada perwakilan yang berada di Nepal.

1598 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *