Berita Kampus

GELIAT SEMANGAT TA’ARUF, BER-UKHUWAH DALAM 3 HARI

(Foto : Dok. Ekonomika)

Oleh: Rafani Adhyapaka Shafira

Bacaekon.com-Kampus. Agenda tahunan Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia (FE UII) menyambut mahasiswa-mahasiswi baru, yang biasa disebut dengan Semangat Ta’aruf (Semata) 2016, berlangsung selama tiga hari. Dimulai pada Jumat (19/8) hingga Minggu (21/8), pada hari pertama jumlah mahasiswa baru yang hadir berkisar 600 hingga 700 peserta, dari total 724 mahasiswa baru FE UII yang terdaftar di tahun 2016.

“Pengenalan itu kita (Panitia OC-red) tekankan dulu, sebab dengan perkenalan banyak mahasiswa-mahasiswa baru yang belum paham. Memang pertama mengenal dulu setelah itu setelah masuk mereka akan mulai memahami,“ ungkap Abdul Rosyid, selaku ketua OC (Organizing Commetee) Semata 2016, saat ditemui tim Ekonomika disela-sela acara.

 Semata kali ini mengambil tema “Membangun Kesadaran Peran dan Fungsi Mahasiswa sebagai Intelektual Muslim Berlandaskan Ukhuwah Islamiyah Guna Terwujudnya Kemaslahatan Umat”.

“Semata tahun ini secara garis besar hampir sama dengan Semata tahun lalu, karena kami (Panitia Steeriing Commetee -red) merasa sepaham bahwa yang kurang dari Semata tahun lalu ialah penekanan nilai-nilainya. Jadi penekanannya harus lebih dan mengurangi hiburan-hiburan,” jelas Abdul Rosyid.

Abdul Rosyid pun menambahkan bahwa karena dirasa masih kurang terhadap penekanan nilai-nilai yang ada dalam Semata tahun sebelumnya, melalui penekanan yang lebih terhadap nilai-nilai ke-UIIan, keislaman dan kelembagaan pada perhelatan Semata tahun ini, diharapkan mahasiswa dan mahasiswi baru dapat berpartisipasi aktif dalam kelembagaan, khususnya kelembagaan internal FE UII.

Di sisi lain Abdul Jamil, selaku Wakil Rektor 3 UII ketika ditemui oleh tim Ekonomika saat sedang memantau kegiatan Pesona Ta’aruf (Pesta 2016), pun mengatakan, “Dari pidato pak Anies Baswedan kemarin kan Anda sebagai mahasiswa baru itu harus jadi aktivis, aktif baik di dalam kampus maupun di luar kampus.”

Meski begitu, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Semata 2016 mengalami penurunan dari segi jumlah peserta. “Kemarin saya dikabarin oleh Pak Dekan, bahwa ketika saya masuk jumlah mahasiswa baru di tahun 2014 ada 1.400 orang, kemudian ketika temen-temen 2015 masuk itu ada 1.200 mahasiswa baru, dan di tahun sekarang ada kurang lebih 700 mahasasiwa baru yang terdaftar di FE UII. Memang UII sudah mendapat teguran dari Dikti, maka kita diturunkan terus setiap tahunnya,” terang mahasiswa jurusan Manajemen 2014 ini.

 Hal ini dapat berkaitan dengan pembatasan jumlah mahasiswa baru di UII, yang diperkuat dengan pernyataan dari, Abdul Jamil. “ Untuk meningkatkan kualitas dan ingin memberikan layanan yang terbaik, baik dari segi sarana dan pra sarana, kemudian adanya perbandingan rasio dosen dengan mahasiswa. Ada aturan dari Dikti bahwa rasio dosen untuk ilmu sosial itu 40:1 dosen. Oleh karena itu, karena adanya daya saing yang ketat, maka memperkecil jumlah pendataran.”

Sebagai penutup Abdul Rosyid pun berharap bahwa Semata tahun ini mampu berjalan lancar, nilai-nilai yang sudah disampaikan mampu terimplimentasikan kepada mahasiswa baru kelak. Sehingga generasi-generasi baru yang ada di FE UII ini dapat membawa nama baik. “Harapannya dari tema tersebut pun bisa tersampaikan ke maba-miba, agar bisa membawa nama baik lembaga kita lebih eksis lagi atau lebih mempunyai peran lagi di kancah lokal maupun nasional,” imbuhnya.

Reporter: Rafani Adhyapaka Shafira

 

976 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *