Berita Kampus

Forum Silaturahmi, Tingkatkan Kualitas serta Pendekatan Emosional

Foto : Alfani

Oleh : Nur Olivia Syaharani

Bacaekon.com, Kampus- Sabtu (11/05) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJIE) FE UII kedatangan tamu dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Maksud kedatangan dari HIMEPA UMS yaitu untuk melakukan studi banding dengan HMJIE. Acara ini diadakan di Aula Utara (AU) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan dilaksanakan dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Menurut Alfani Khairi Rahmatillah sebagai ketua HMJIE, kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi yang baik serta kedekatan emosional antara HIMEPA UMS dan HMJIE FE UII. Selain menyambung tali silaturahmi, acara ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi pihak HMJIE maupun HIMEPA untuk saling sharing ilmu serta pengalaman koordinasi. “Tujuan kunjungan ini  yang pertama adalah program kerja dari HIMEPA yaitu Forum Silaturahmi (FORSIL), yang kedua untuk bisa saling bertukar pikiran guna mencari kelebihan dan masukkan agar kedepannya bisa lebih baik lagi,” Ujar Panji Saputra selaku ketua HIMEPA UMS.

Panji mengatakan alasan UMS sendiri memilih kampus FE UII untuk studi banding adalah dikarenakan acara tersebut bertepatan pada momen bulan Ramadhan, maka UMS memilih universitas yang memiliki nilai-nilai Islam di dalamnya. “Mengapa UII ya karena bertepatan dengan bulan ramadhan, maka kami memilih Universitas yang berbau islam juga. Selain itu ya karena UII memiliki kelebihan, harapan kami dari kunjungan ini semoga ilmu yang kami dapat dari acara ini bisa ditularkan kepada adik-adik penerus HIMEPA dan dapat dipraktikkan untuk kedepannya,” Lanjut Panji.

Studi banding HMJIE dengan HIMEPA dibuka dengan sambutan Alfani dan Panji. Keduanya saling membuka dengan ucapan semangat yang menggambarkan masing-masing himpunan. “Salam satu jiwa, salam romantisme!,” jargon milik HIMEPA menggambarkan kedekatan emosional di antara keluarga mahasiswa Ekonomi Pembangunan UMS. “IE Satu, IE Keluarga, IE Satu Keluarga!!,” jargon milik HMJIE menggambarkan eratnya kekeluargaan yang terjalin di keluarga mahasiswa Ilmu Ekonomi. Kedua himpunan saling menunjukan keakraban satu sama lain di pembukaan tersebut.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan presentasi program kerja dari kedua pihak. Dalam acara ini keduanya saling memaparkan struktur kepengurusan mulai dari pengurus harian, koordinator divisi, hingga staf divisi. Termasuk juga di dalamnya pemaparan job description masing-masing divisi serta program kerjanya. Lalu diakhiri oleh diskusi mengenai kedua struktur himpunan. Mengingat salah satu tujuan dari studi banding ini adalah silaturahmi, kegiatan sharing tidak dapat dilupakan. kegiatan sarasehan merupakan wadah keduanya untuk bertukar pikiran dan mengabarkan kondisi kampus masing-masing. “tidak hanya sharing tentang HMJIE, namun juga universitas,” jelas Alfani. Sarasehan sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok menurut kepentingan dan kesamaan job description dari kedua himpunan.

Alfani juga menambahkan, banyak hal yang didapat dari acara ini. HMJIE maupun HIMEPA sesungguhnya memiliki perbedaan menurut kebutuhan masing-masing. Ia mengakui bahwa HIMEPA memiliki struktur koordinasi yang baik, “Koordinasi HIMEPA cukup baik. Struktur mereka lebih baik dan bagus. Koordinasi dari ketua ke divisi dari yang saya dengar itu bagus,” jelas Alfani. Sehingga dalam hal ini  diharapkan HMJIE mampu meningkatkan struktur koordinasi seperti yang telah dilakukan HIMEPA.

Reporter : Ikrar , Oliv  

Editor : Azizah

731 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *