Fasilitas Baru di Sisi Selatan Lobi

Fasilitas Baru di Sisi Selatan Lobi

(Foto : Ilham)

Bacaekon.com-Kampus Sedikit menyita perhatian, sore itu (5/3) tiga orang aktif berbincang di sisi selatan lobi gedung Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII). Satu orang yang nampak aktif menjelaskan tentang penggunaan suatu perangkat serupa mesin fotokopi di hadapan mereka. Sementara itu, dua orang lainnya terlihat aktif menyimak penjelasan.

Perangkat serupa fotokopi itu diketahui adalah printer, fasilitas yang disediakan Badan Sistem Informasi UII, yang dikenal dengan layanan UIIPrint. Tampak lebih canggih dan elegan, alat ini dilengkapi layar monitor sentuh yang digunakan untuk mengoperasikannya. Kabar baiknya, kini setiap civitas akademik mencakup dosen, karyawan, dan mahasiswa FE UII sudah dapat menggunakannya untuk menunjang kegiatan akademik mereka.

Satu dari tiga orang itu adalah Iksan Pamungkas, staf Sistem Informasi Manajemen FE UII. Iksan sebelumnya terhanyut dalam bincang bersama dua orang tersebut sambil berjalan dari dekat perangkat UIIPrint memasuki sekretariat dekanat. Tanpa keberatan, Iksan menanggapi permintaan tim LPM Ekonomika untuk berbincang, ia bersedia kembali duduk di lobi dan berbincang meladeni rasa penasaran kami terhadap UIIPrint yang penampakannya baru terlihat di awal tahun 2018 ini. “Kalau aktifnya sebenarnya 2017 sudah aktif, tapi kalau untuk peletakannya, di tempat umum baru sekarang ini,” ujar Iksan.

Disinggung perihal sosialisasi terkait penggunaan perangkat UIIPrint di FE UII, sejauh ini baru dilakukan kepada dosen dan karyawan di lingkungan FE UII. Sosialisasi yang ditujukan kepada mahasiswa belum dilaksanakan karena menurutnya hal itu membutuhkan sejumlah persiapan, mengingat jumlah mahasiswa yang tidak sedikit. “Hanya mungkin untuk mahasiswa masih kita rencanakan, karena kan kalau mahasiswa juga banyak, jadi kita harus menyiapkan tempatnya dan alat praktiknya,” jelas Iksan.

Iksan memperlihatkan berapa banyak dokumen yang sudah tercetak melalui perangkat UIIPrint ini. Hasil memperlihatkan sudah ada sekitar 12.000 lembar dokumen yang dicetak. UIIPrint sudah banyak digunakan oleh dosen dan karyawan untuk mencetak dokumen guna kepentingan reakreditasi beberapa waktu lalu. “Karena memang terkait akreditasi, mungkin agak banyak penggunaannya,” ujar pria yang menempati ruang kerja di sebelah utara kantor program studi manajemen ini.

Iksan juga sempat menyebutkan bahwa terkait dengan cara penggunaan UIIPrint ini, civitas akademika UII dapat mengakses penjelasan singkat pada laman web itsupport.uii.ac.id.

Oleh : Ilham Aditya Perdana

Reporter : Ilham, Taufan

5852 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *