Film Rekomendasi

Extracurricular: Ada Kesalahan yang Tidak Bisa Dihapuskan

Foto: netflix.com

Oleh: Anisa Yuni Rahmawati

Kehidupan nyata yang berat membuat sebagian orang harus rela melakukan apa saja demi hidup damai dan bahagia. Namun ternyata perbuatan yang kita lakukan itu tidak terlepas dari risiko. Terkadang kita sering lupa risiko itu pasti akan datang. Tanpa adanya persiapan, kita akan bingung dan kaget bagaimana cara mengatasi permasalahan yang datang akibat perbuatan kita sendiri. Itulah yang terdapat dalam drama series Korea ini.

Drama Extracurricular atau dikenal juga dengan Human Class, disutradarai oleh Kim Jin Min dan skenario ditulis oleh Jin Han Sae. Drama yang telah rilis Netflix pada tanggal 29 April 2020 ini berisikan 10 episode. Extracurricular memiliki tema yang fresh yaitu drama remaja dengan unsur thriller dan crime disertai dengan plot cerita yang menarik. Drama ini diperankan oleh aktor muda berbakat yang sangat menjiwai peran mereka yaitu Kim Dong-Hee sebagai Ji-soo, Park Joo-Hyun sebagai Gyu-Ri, Jung Da-Bin sebagai Min-Hee, dan Nam Yoon-Soo sebagai Ki-Tae.

Menceritakan seorang anak sekolah menengah yang bernama Jisoo, siswa yang pintar dan berperilaku baik di sekolah hingga kerap dianggap sebagai murid panutan oleh guru. Dia memiliki mimpi yang tinggi untuk masa depannya kelak. Namun untuk mewujudkan mimpinya itu tidaklah mudah, dia harus menghidupi segala kebutuhannya sendiri. 

Dengan kehidupan Korea yang sangatlah berat pasti tidak mudah bagi Jisoo untuk mendapatkan uang yang banyak dalam waktu yang singkat. Dia melakukan pekerjaan yang tak biasa dilakukan oleh anak seumurannya.  Jisoo bekerja sebagai perantara jasa layanan keamanan untuk para pelaku prostitusi. Pekerjaan tersebut tidak diketahui oleh siapapun, baik dari teman-teman sekolahnya maupun dari pihak yang berwajib. Namun suatu hari, pekerjaannya itu diketahui oleh teman sekolahnya bernama Gyuri.

Gyuri merupakan seorang siswa yang terkenal dikalangan para siswa di sekolahnya.  Gyuri menjadi teman satu-satunya Jisoo di sekolah. Gyuri menawarkan diri menjadi partner kerja Jisoo karena dia merasa bosan dengan kehidupan kesehariannya. Salah satu pelaku prostitusi yang ia dampingi yaitu Minhee.

Minhee adalah teman sekelas dari Jisoo. Meskipun berasal dari keluarga berada, dia tidak merasa kehidupannya bahagia. Dia terpaksa melakukan itu demi keinginan kekasihnya yang sering menginginkan berbagai macam barang mahal.

Kitae, seorang siswa nakal di sekolah yang sering mengganggu siswa-siswa yang tidak bersalah. Dia juga sering meminta barang-barang mahal kepada kekasihnya bagaimanapun barang itu harus ada, jika barang yang dia inginkan tak terlaksana maka dia akan memarahi kekasihnya. Meskipun begitu dia sangat sayang dengan kekasihnya.

Drama ini berbeda pula dengan drama Korea lainnya yang sering bertemakan romance. Plot yang dinamis dengan berbagai twist menjadikan Extracurricular cukup menarik ditonton. Extracuricular juga menggambarkan sisi gelap para remaja di Korea Selatan, cerita yang jarang ditemukan di serial drama Korea lainnya. Lengkap mulai perundungan, keluarga yang berantakan, kesenjangan sosial, dan prostitusi di bawah umur. Meskipun begitu ceritanya masih bisa ditonton oleh segala kalangan karena tanpa adanya adegan dewasa. Pengambilan gambar yang menarik menambah nilai plus untuk drama serial ini. Ceritanya yang penuh dengan teka-teki, membuat para penontonnya dibuat bertanya-tanya bagaimana kelanjutan episode selanjutnya

Meskipun drama ini tentang prostitusi ilegal. Namun bukan itu masalah yang disorot dalam drama ini, melainkan tentang bagaimana usaha yang dilakukan anak muda dalam menghadapi masalah yang mereka perbuat. Masalah yang seharusnya tidak dihadapi mereka yang masih  di bawah umur dan berbagai cara menghindarinya sebelum bertambah besar. Usaha yang mereka lakukan sangat berat setelah semua rahasia Jisoo terungkap, kehidupannya pun menjadi rumit. Di tengah jalan pun banyak masalah muncul, mulai dari berurusan dengan preman, keluarga yang hanya memanfaatkan hasil kerjanya, hingga tersandung dengan pihak kepolisian.

Cerita drama ini mengajarkan bahwa manusia memang tidak luput dari kesalahan dan risikonya. Dan kita harus tau bagaimana cara kita dalam mengatasi resiko tersebut. Jika tidak, kesalahan yang kita perbuat tidak akan bisa terhapuskan begitu saja. Maka pikirkanlah terlebih dahulu akibat yang akan dihadapi dan masalah yang akan dialami.

Editor: Retno

270 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *