Expo Kewirausahaan : Lahan Praktik Mahasiswa Kelas Pengantar Bisnis

Expo Kewirausahaan : Lahan Praktik Mahasiswa Kelas Pengantar Bisnis

(Foto : Rintan)

Oleh : Adisti Nugraheni dan Rintan Falah Ispridevi

Bacaekon.com, Kampus-Rabu (28/11/2018), hall tengah dan lapangan sorak Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) telah berlangsung Expo Kewirausahaan 2018. Kegiatan ini merupakan acara tahunan di semester ganjil yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen. Acara ini melibatkan mahasiswa kelas Pengantar Bisnis, “mayoritas peserta merupakan anak semester satu yang dari kelas bisnis pengantar, karena memang acara ini melekat pada mata kuliah bisnis pengantar,” ujar Istyakara Muslichah selaku dosen penanggung jawab Expo Kewirausahaan 2018.

Dalam pelaksanaanya, Program Studi Manajemen menggaet Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen atau Management Community (MC) untuk menyukseskan Expo Kewirausahaan 2018. Nia Fadhilla Pratiwi sebagai penanggungjawab dari perwakilan MC, menyatakan bahwa acara ini dimandatkan kepada MC khususnya student academic department. Nia juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memperkenalkan bisnis kepada mahasiswa di kelas pengantar bisnis, serta mewadahi mahasiswa FE UII yang ingin mengembangakan usahanya.

Nia menuturkan rangkaian acara Expo Kewirausahaan 2018 berlangsung hanya satu hari pada tanggal 28 November 2018 dan diikuti oleh 68 pengisi stan. Didalam kegiatan ini terdapat 16 stan yang terbuka untuk publik, dan 52 stan diisi oleh mahasiswa pengantar bisnis tahun 2018. Mengisi stan publik tidak memiliki syarat khusus, mereka hanya perlu menghubungi narahubung yang tersedia untuk ditindaklanjuti.

Dalam meningkatkan motivasi mahasiswa dalam membangun bisnis yang kreatif dan berkelanjutan, Istyakara menjelaskan, bahwasanya tahun ini Prodi Manajemen memberikan penghargaan dengan tiga kategori yaitu orisinalitas ide bisnis, prospektif ide bisnis, dan portofolio investasi untuk setiap pemenang kategori. “Untuk penghargaannya, nominal fresh money dikasih per kategori Rp. 300.000,” ucap Istyakara. Istyakara juga menambahkan dalam penentuan pemenang, digunakan sistem voting melalui formulir online yang hanya dapat diisi oleh mahasiswa UII.

Acara ini berlangsung bukan berarti tanpa harapan kedepannya, berdasarkan penuturan Istyakara ketika ditanya apa harapan dari acara tersebut, ia mengungkapkan, “karena ini masih cangkolan mata kuliah bisnis pengantar, jadi untuk mereka praktek aja sih gimana berjualan, dari misalnya brainstorming produk nya apa sampai akhirnya, produk itu nantinya dijual hari ini nantinya mereka praktik,” ungkapnya. Selanjutnya, ia mengharapkan di tahun yang akan datang, Expo Kewirausahaan terus berkembang menjadi suatu rangkaian acara seperti adanya workshop, lomba bisnis kanvas, yang semuanya berkaitan dengan mata kuliah bisnis pengantar. Selain itu, diharapkan dapat menjadi wadah untuk anak-anak manajemen yang benar-benar serius dalam bidang kewirausahaan.

Reporter : Adis, Rintan, Gilang

7104 Total Views 127 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *