EXPLORE INTERNATIONAL EXPERIENCE

EXPLORE INTERNATIONAL EXPERIENCE

 

Oleh : Sa’adatudarain*

            BACAEKON.COM– Sabtu (6/05) Unit Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia mengadakan talkshow bertajuk “Explore International Experience”. Talkshow ini dihadiri oleh beberapa dosen dan mahasiwa yang sudah  memiliki pengalaman ke luar negeri.  Beni Suranto, ST. M.Soft.Eng selaku Direktur  Kemahasiswaan Universitas Islam Indonesia (UII)  juga ikut hadir dalam acara tersebut. Banyak hal yang dipaparkan beliau khususnya mengenai pendanaan mahasiswa yang mengikuti program-program internasioanl. Hal itu sangat diapresiasi sehingga UII berusaha untuk memberikan  semaksimal mungkin support berupa dana yang dibutuhkan oleh mahasiswa  akan tetapi harus tetap menyesuaikan dengan anggaran yang ada agar realisasi anggaran bisa efisien. Sehingga harus tetap lebih selektif dalam memberikan dana untuk acara-acara international. Sehingga acara yang lebih dianjurkan adalah acara yg berbau kompetisi sehingga bisa membawa nama UII ke kancah internasional.

             Hadir juga Arif Fajar Wibisono  SE, Msc selaku Kepala Unit Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi. Beliau juga sangat mendukung mahasiswa yang ingin memburu pengalaman / mengikuti lomba ke luar negeri membawa nama UII khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi. Tidak hnaya itu tetapi beliau juga sangat menekankan pada mahasiswa FE  untuk selektif dalam memilih event  internasional yang akan   diikuti   oleh mahasiswa.hal itu bisa dilihat dari keakuratan informasi mengenai acara tersebut. Harapannya acara internasioanl yang diikuti benar benar terpercaya dan memberikan manfaat lebih sehingga layak untuk didanai. Tapi di luar itu hal yang paling penting untuk ditekankan adalah mahsiswa FE harus memiliki semangat dan kemauan untuk mengukuti acara acara  internasional karena tentunya akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan membuka pikiran mahasiswa bagaimana bersaing dengan mahasiswa-  mahasiswa di luar negeri.

            Arif merasa selama ini mahasiswa FE kuramg bersemangat dalam mengikuti kompetisi kompetisi atau acara acara internasioanl  padahal pihak kemahasiswaan  selalu berusaha memfasilitasi dan mendukung  hal tersebut tapi mahasiswa justru tidak memanfaatkannya.. Dalam acara ini tidak hanya dosen yang mengisi tetapi juga ada beberapa mahasiswa FE  yang sudah pernah berhasil mengikuti acara internasioanl. Mahasiwa ini  tentunya sangat antusias untuk  berbagai pengalaman mereka  baik itu tentang perjuangannya , hidup di negeri orang seperti apa, bagaimana beradaptasi dengan budaya luar dan masih banyak lagi. Hal ini dikukan dengan harapan semua Mahasiswa FE bisa terinspirasi dan bersemangat dalam membawa nama baik UII ke internasioanl.

            Muhammmad Adiya Riswanda (Manajmen  IP 2013) terlihat sangat semangat dan percaya diri dalam menceritakan pengalamannya selama mengikuti Summer Exchange di Prancis. Ada juga  Tyas Kurnia Sari  (Akuntansi IP 2014) yang merupakan Mahasiswa Berprestasi UII tahun 2017 menecritakan tentang bagaimana perjuangannya dalam mengikuti lomba-lomba nasional maupun internasional  yang memang diaawali dengan banyak kegagalan. “Tapi kegagalan bukan suatu hal yang membuat kita berhenti berjuang karena dalam setiap kompetisi tidak pernah ada yang namanya kalah yang ada hanya dua kemungkinan menang atau belajar, jadi dalam kamus hidup saya tidak ada yang namanya kalah”, ujarnya dengan penuh semangat. Selain itu ada juga  Agung Permana Bhakti (Ilmu Ekonomi 2014) yang pernah berhasil  mengikuti student exchange ke Malaysia. Ini juga tidak kalah menginspirasi karena menceritakan jatuh bnagunya dia dalam menggapai mimpinya. Beda lagi dengan  Putri Ayu Wulandari (Manajmen IP 2014) yang pernah mengikuti AISEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) di India, Ayu sangat menekankan kepada semua mahasiswa untuk selalu  bersyukur dalam menjalani hidup karena banyak orang di luaran sana yang hidupnya sangat memprihatinkan seperti yang ditemui di India. Dia berharap mahasiswa juga bisa lebih peka terhadap masalah dan keadaan sekitar sehingga mendorong mereka untuk berusaha melakukan  hal-hal yang bermanfaat buat orang lain. Dan yang terakhir ada Eno Maylia Jihan (Akuntansi 2014) yang pernah mengikuti Model United Nation.ini juga tidak kalah keren karena dia memberikan gambaran mengenai bagaimana menjadi seorang diplomat nantinya.mungkin itu sekilas acara talkshow Explore International Experience harapannya dengan acara ini dapat memberikan Motivasi kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk terus berprestasi baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

*Penulis adalah Mahasiswa Akuntansi 2014

34658 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *