ERP, Sistem Informasi yang Berbasis Integrasi

ERP, Sistem Informasi yang Berbasis Integrasi

(sumber foto : http://awara-accounting.com/)

Oleh: Muhammad Irsan Rahadian

Bacaekon.com-Advetorial. Sudah tak asing lagi bagi kita mendengar istilah Enterprise Resource Planning (ERP) yang telah didengungkan selama ini. ERP atau Perencanaan Sumber Daya Perusahaan merupakan seperangkat sistem informasi bagi perusahaan yang digunakan untuk mengintegrasikan, menyatukan, dan mengotomatisasikan proses bisnis. Pada awalnya, sistem ini diperuntukkan hanya untuk aspek akuntansi perusahaan saja. Namun seiring waktu berputar, tatkala proses bisnis kian kompleks, maka aspek – aspek bisnis lainnya seperti produksi, operasi, distribusi, dan sumber daya manusia pun akhirnya digabungkan dalam sistem ini.

ERP akan mempermudah perusahaan untuk mengkomunikasikan aliran bisnis dari satu divisi ke divisi lain. Untuk saat ini, sistem ini akan memoderasi dan mengintegrasikan hal – hal apa saja yang dibutuhkan dalam setiap divisi. Sehingga dapat menghemat waktu dan sumberdaya yang digunakan perusahaan untuk menjalankan suatu proses bisnis. Selain itu manfaat yang akan didapat oleh perusahaan adalah kemudahan dalam pengambilan keputusan yang bersifat strategis. Manajer akan segera dapat mengambil keputusan untuk berbagai divisi tanpa harus menjalankannya secara terpisah. Ia akan dengan mudah mengkomunikasikan dan menyelaraskan antar divisi. Bila nantinya ada masalah yang terjadi, maka permasalahan itu akan dapat segera terselesaikan. Sebab, manajer tak butuh waktu lama untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada era modern ini, sistem ERP sangat membantu perusahaan mengatasi kompleksitas dalam bisnis secara global. Dengan ERP, perusahaan akan mudah menyajikan beragam data dari unit bisnis yang beragam secara komprehensif dan sistematis. Para pengguna juga akan dimudahkan aksesnya untuk pengambilan data yang dibutuhkan. Kemudian ERP juga akan membantu perusahaan merampingkan sebuah proses bisnis. Fungsi otomatisasi akan menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana.

Terakhir, ERP akan meningkatkan efisiensi karyawan perusahaan untuk menjalankannya tugasnya. Karyawan tidak perlu membuang – buang waktu untuk mencari informasi. Mereka dapat fokus pada tugas utama, sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat.

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

2072 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *