E-SIUP WUJUDKAN HARAPAN PARA PELAKU BISNIS

E-SIUP WUJUDKAN HARAPAN PARA PELAKU BISNIS

(Sumber foto: http://www.centerwaralaba.com/)

Oleh: Arief Setya Negara

Bacaekon.com-Advertorial. Surat Ijin Usaha Perdagangan atau yang disingkat sebagai SIUP merupakan elemen penting dalam menentukan legalitas suatu perusahaan. Untuk memperoleh surat perizinan ini, pelaku bisnis kerap direpotkan dengan pengumpulan berkas-berkas sesuai dengan legalitas hukum yang dikehendaki, baik dalam bentuk perusahaan perseorangan, CV dan firma, Koperasi hingga perseroan terbatas. Belum lagi masyarakat dihadapkan dengan birokrasi yang berbelit terlebih dengan proses yang memakan waktu lama.

Di era yang serba digital ini berbagai kemudahan dapat diperoleh, terutama dalam mengurus SIUP. Ditemukannya konsep E-SIUP dengan menggunakan saluran E-Government dapat menjadi jalan keluar bagi kedua belah pihak, baik para pelaku bisnis dengan berbagai kesibukannya, maupun bagi Badan Perijinan di setiap daerah dalam meningkatkan intensitas pelayanannya.

Konsep menarik ini telah di aplikasikan oleh Badan Perijinan Daerah Kota Bandung dan Tangerang Selatan. Dengan mengunduh format surat pernyataan dari portal yang telah disediakan dan melengkapi berkas yang telah dipindai, kelengkapan-kelengkapan dalam membuat surat perizinan tersebut dapat diunggah di email yang juga telah disediakan. Hingga pada akhirnya, mengurus SIUP menjadi mudah, semudah menghentikkan jari, tanpa harus berlama-lama mengantri.

Yang sangat disayangkan, kemudahan ini tidak banyak aplikasikasikan oleh banyak kota atau daerah di Indonesia. Padahal, jumlah penggunaan piranti telepon genggam pintar di Indonesia lebih dari 100 juta, belum lagi teknologi berbasis internet lainnya.

Sesungguhnya, peran pemerintah daerah dalam mempermudah masyarakat untuk mengurus SIUP apalagi mengaplikasikan E-SIUP pada sistemnya, dapat memotivasi pelaku bisnis agar dapat dengan cepat mengurus legalitas perusahaannya. Terlebih melihat perkembangan start-up atau bisnis berbasis digital yang semakin lama semakin menjamur.

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

373 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *