Duta Baca, Role Model Minat Baca FE UII

Duta Baca, Role Model Minat Baca FE UII

Oleh: Nabila Ramadhani

(Foto: Ilham)

Bacaekon.com-Kampus Bertempat di ruang P1/2 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) keputusan Penobatan Duta Baca Mahasiswa FE UII periode 2017/2018 dibacakan (15/03). Muhammad Rafi Adrian, selaku Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FE UII menyatakan, “hari ini Fakultas Ekonomi mempunyai Duta Baca, yang akan menjadi role model bagi seluruh mahasiswa untuk menjadi Duta Baca”.

Selain itu, Rafi, mengemukakan bahwa,  mahasiswa FE UII perlu stimulan dalam minat baca. Duta Baca ini akan menyebarkan virus-virus membaca supaya para mahasiswa/i tersadar dan tertarik untuk membaca. Adanya Duta Baca FE UII ini diturunkan kepada Departemen Kajian Strategis LEM FE UII, yang menginisiasi adanya role model dari LEM FE UII dengan tujuan meningkatkan minat membaca.

Selaras dengan pernyataan Ketua LEM FE UII, Muhammad Ismail selaku Kepala Departemen Kajian Strategis LEM FE UII juga menyatakan harapannya bahwa, Duta Baca yang dinobatkan bisa memicu minat baca mahasiswa. “Makanya kami membuat suatu konsep Duta Baca yang mana temen-temen (Duta Baca FE UII-red), kami harapkan bisa memicu minat membaca kepada mahasiswa khususnya mahasiswa FE UII,” ujar inisiator Duta Baca FE UII.

Selain itu, Ismail juga menyatakan pesan hasil inisiasinya, “nah kami juga ingin menyampaikan pesan bahwa membaca bukan bahan monopoli kutu buku saja. Ibarat manusia, butuh makan dan minum untuk merawat badan, sama juga dengan otak butuh konsumsi, yaitu bahan bacaan,” ucap Ismail.

Pemilihan Duta Baca FE UII termaktub dalam tiga indikator penilaian. Pertama adalah melek literasi, yang diukur dengan  intensitas membaca setidaknya satu bacaan diluar buku mata kuliah dalam kurun waktu satu bulan, contohnya saja novel. Kedua, Duta Baca harus memiliki wawasan sosial, yang dianggap sebagai impak dari gemar membaca, hasilnya para Duta Baca terpilih mampu mendiskusikan isu-isu sosial di FE UII. Ketiga, para role model membaca ini dikenal mempunyai attitude yang baik di kalangan mahasiswa FE UII. “ya intinya wajar gitu, orang liat masih baik lah, kan orang bisa menilai ini termasuk badboy atau badgirl,” kata Ismail. Selain itu, Duta Baca dinilai memiliki communication skill yang baik, mengingat perannya sebagai informan kampanye Duta Baca. Tidak berhenti sampai disitu, Ismail juga menyatakan bahwa penilaian dari tiga indikator diatas, berasal dari internal LEM FE UII sendiri, khususnya divisi Kajian Strategis LEM FE UII.

Ismail juga melanjutkan dengan informasi keterlibatan Duta Baca FE UII. Kegiatan yang dilaksanakan Duta Baca pun beragam, seperti menjadi moderator dalam Kajian Rutin Ekonomi Digital (KREDIT), mengadakan kegiatan bedah buku dan menyelenggarakan bazar buku. Rencananya, bazar buku perdana dari Duta Baca akan diselenggarakan pada 9 April 2018 mendatang. Promosi kegiatan yang dilakukan Duta Baca nantinya akan digencarkan melalui jejaring sosial, baik itu dari akun pribadi Duta Baca maupun jejaring sosial yang dimiliki LEM FE UII, mengingat target yang menjadi sasaran Duta Baca adalah generasi milenial.

Dalam malam penobatan Duta Baca FE UII terdapat delapan nama yang dinobatkan, nama-nama Duta Baca tersebut ntara lain; Tiantoro Sudiro (Manajemen 2015), Ivan Septiawa (D3 Ekonomi 2016), Cahyo Bayu Nugroho (Akuntansi 2016), Dinda Lourensia Habibah (Manajemen 2016), Feramitha Tiffani (Manajemen 2015), Khairunnisa Rifqi Amalia (Ilmu Ekonomi 2016), Keysha Sabrina (Ilmu Ekonomi 2016), dan Ilham Assagaf (Ilmu Ekonomi 2016). Namun, terdapat tiga nama yang mengundurkan diri karena berbagai alasan yang tidak dapat disebutkan. Nama-nama tersebut adalah Tiantoro Sudiro (Manajemen 2015), Cahyo Bayu Nugroho (Akuntansi 2016), dan Keysha Sabrina (Ilmu Ekonomi 2016).

Reporter: Ilham, Taufan, Nabila

7901 Total Views 2 Views Today

Related Post

Mapala Unisi Kembali Cair

Mapala Unisi Kembali Cair

(Foto : Gilang) Oleh : Gilang B. Putra Setahun lalu Universitas Islam Indonesia (UII) mengalami…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *