CARA MENINGKATKAN KOMPETENSIMU SELAMA KULIAH!

CARA MENINGKATKAN KOMPETENSIMU SELAMA KULIAH!

(Sumber Foto : trivia.id)

Oleh: Phalini Herman

BACAEKON.COM-TIPS. Well, saya adalah mahasiswi tingkat akhir. Tips ini saya dapatkan ketika saya tengah belajar mata kuliah Hubungan Praktik Bisnis di Indonesia  (16/05/2016) yang diampu oleh dosen favorit saya. Raden Agus Basuki Dr. S.E., M.M  namanya. Saat mengambil mata kuliah tersebut saya sudah berada di semester enam, di mana status saya di Kampus Perjuangan (Universitas Islam Indonesia-red) yang kita cintai ini akan tiba pada masa kedaluarsanya.

 Di sela-sela penjelasan materi kuliah, dosen saya yang sering disapa dengan sebutan Pak Raden menceritakan pengalamannya saat ia mengisi kuliah perdana di salah satu kampus swasta di Yogyakarta. Ia menjelaskan bahwa banyak kesalahan terjadi pada mahasiswa hari ini. Mereka (mahasiswa-red) seringkali mempersiapkan kompetensi dirinya saat telah menyandang status sebagai sarjana. Setelah lulus kuliah, sedikit banyak mahasiswa yang baru akan mendaftar ke tempat english course, mengikuti pelatihan-pelatihan, dan masih banyak lagi. Hal ini sangat disayangkan, karena ketika mahasiswa lepas dari kampusnya maka akan muncul tantangan baru yaitu dapatkah mereka bersaing dengan lulusan-lulusan lainnya.

Menjawab keresahaan tersebut, lalu, Pak Raden mulai memaparkan hal yang seharusnya dilakukan mahasiswa semasa duduk di bangku perkuliahan:

Semester 1

Pada masa ini adalah masa transisi siswa ke mahasiswa di mana banyak yang terlena dengan kesenangan-kesenangan pada masa putih abu-abu hingga membawanya ke bangku perkuliahan. Tak jarang, para mahasiswa lebih banyak menghabiskan waktunya untuk nongkrong bersama teman-temannya ketimbang  mengikuti perkuliahan dengan serius. Disinilah yang harus diperbaiki, seharusnya pada masa ini mahasiswa fokus mengikuti perkuliahan dengan belajar sungguh-sungguh. Tujuannya adalah untuk menabung IPK (Indeks Prestasi Kumulatif-red) yang tinggi sejak awal masuk kuliah. Ketika IPK yang sudah kita tabung bernilai tinggi hal ini akan membantu mahasiswa dalam perencanaan di waktu berikutnya.

Semester 2

Di semester dua, saat mahasiswa lain sibuk memikirkan bagaimana cara meningkatkan IPK-nya. Disinilah kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh agent of change (mahasiswa-red) untuk mengikuti berbagai kursus. Entah itu kursus Bahasa Inggris, kursus menjahit, kursus komputer atau bahkan kursus memasak, dan lain sebagainya. Mengikuti berbagai kursus maka mahasiswa tersebut telah menambah serta mengembangkan keterampilannya yang tentunya akan bermanfaat dikemudian hari.

Semester 3

Menginjak tahun kedua di universitas, sebaiknya mahasiswa mulai memperluas pengalamannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berkerja sambil kuliah atau yang dikenal dengan sebutan part time. Ada banyak buah yang dapat dipetik dari part time. Mulai dari bagaimana kita berkerja sama dengan orang lain baik yang seumuran dengan kita atau yang lebih tua, bagaimana kita mengelola waktu, menghadapi masalah, mengambil keputusan, dan masih banyak lagi. Pun perlu ditekankan bahwa part time adalah ‘kuliah nyambi kerja’ bukan ‘kerja nyambi kuliah’. Sehingga mahasiswa harus tetap fokus pada pendidikan di saat tengah asyik menyelami lautan pengalaman.

Semester 4 Semester 5

Pada tahap ini, tanpa disadari kamu akan memasuki masa di mana kamu akan segera menyandang gelar ‘mahasiswa tingkat akhir’ ha ha ha. Agar tetap rajin ke kampus, semester 4 hingga semester 5 dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengikuti organisasi-organasisi yang ada di dalam kampus. Menjadi bagian dari organisasi intra kampus merupakan sebuah kontribusi nyata mahasiswa kepada kampus dalam menyumbang ide atau prestasi yang nantinya akan berdampak pula pada universitas. Selain itu juga, ketika beroganisasi maka ada banyak pembelajaran yang didapatkan seperti bagaimana mengungkapkan pendapat kita di hadapan khalayak, belajar berbicara secara terstruktur, menambah wawasan, belajar menempatkan skala prioritas di mana hal tersebut akan membimbing kita dalam hal time management.

 

 

Semester 6 – 8 atau Semester Akhir

Berada pada titik ini, hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan magang di berbagai perusahaan yang prestige seperti Kantor Pajak, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan lain sebagainya. Kegiatan magang yang dilakukan hari ini dapat membantu mahasiswa dalam mencari objek penelitian pada skripsi kelak atau bahkan dapat membantu mahasiswa ketika mencari pekerjaan di kemudian hari karena setidaknya si mahasiswa telah mendapatkan link atau jaringan perusahaan. Walaupun magang dan part time merupakan sama-sama kegiatan paruh waktu, tetapi manfaat yang didapatkan pada setiap kegiatan tentunya berbeda-beda. Ketika magang di perusahaan, maka profesionalitas mahasiswa dalam berkerja akan dilihat serta materi-materi perkuliahan pun dapat kita implementasikan di dunia kerja yang sesungguhnya.         

So, itulah tips cara meningkatkan kompetensi semasa kuliah dari dosen favorit saya untuk teman-teman yang baru mencicipi gurihnya masa kuliah, sekolah tanpa seragam, dan tidak adanya peraturan yang mencekik seperti di sekolah (jenjang SD-SMA). Pada akhirnya, kita sebagai mahasiswa harus dapat mengelola waktu kita agar dapat menjalani hari-hari secara produktif, keluar dari zona nyaman rutinitas. Mengutip ucapan dari Abraham Lincoln, “Dan pada akhirnya, bukan berapa tahun dalam kehidupan yang Anda lihat. Tapi, kehidupan dalam tahun-tahun tersebut”. Ya, semoga kita dapat bermanfaat dalam hidup kita.

4584 Total Views 5 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *