Berita Yogyakarta

Buntut Polemik KPK vs Polri, Sulut Aksi Masyarakat

Oleh : Restin Septiana

Bacaekon.com-Yogyakarta. Penangkapan Bambang Widjojanto (BW) selaku wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Polisi Republik Indonesia (Polri) menuai aksi masyarakat. Diinisiasi oleh Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan aksi protes terhadap penangkapan Bambang Widjojanto. Bergabung dalam aksi tersebut terdiri dari banyak lembaga, mahasiswa, tokoh-tokoh masyarakat, berbagai universitas, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Jogja, budayawan, dan juga seniman.

Aksi yang berlangsung pada 24 Januari 2015 ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada 11.20 WIB. Berkumpul di Taman Kuliner Condong Catur Yogyakarta, massa aksi melakukan longmarch ke markas Polisi Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Ring Road Utara Condong Catur Yogyakarta. “Kita akan memberikan surat protes,” ujar Laras Susanti selaku peneliti Pukat UGM.

Surat protes yang ditujukan kepada Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) lewat Kepala Polisi Daerah (Kapolda) tersebut berisi, pertama, memprotes keras pengkapan terhadap BW. Kedua, meminta Wakapolri mengeluarkan perintah tidak melakukan penahanan. Padahal sudah dilakukan penahanan tadi malam (23/1) yang merupakan suatu kesalahan, karena seharusnya dilakukan pemanggilan terlebih dahulu. Ketiga, meminta Wakapolri untuk mengadakan evaluasi mendesak dan segera mengkaji proses kriminalisasi yang telah terjadi kepada BW. Keempat, meminta Wakapolri untuk segera menerbitkan surat penghentian penyidikan. Kelima, meminta Wakapolri untuk menegakkan wibawa Polri, tidak mengadakan penangkapan sewenag-wenang.

“Sehingga publik bisa menganggap yang dilakukan Polri bukan untuk tujuan penegakan hukum tapi kemudian akan melawan apa yang dilakukan KPK terhadap status tersangka Budi Gunawan,” tutup perempuan berkacamata yang akrab disapa Laras tersebut.

 

1091 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *