Berita Kampus

Bukber FE-UII: Menguatkan Ukhuwah dalam Ilmu dan Amal

Foto : Ikrar

Oleh: Khairul Raziq

Bacaekon.com, Kampus- Kamis (23/5) sore bertempat di Lapangan Sorak Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia tengah berlangsung acara buka puasa bersama yang dipelopori oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa FE UII (LEM FE UII) berkolaborasi dengan Dekanat FE UII. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 17.00 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne UII.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah menjelang buka puasa yang disampaikan oleh Mohammad Bektie Hendrie Anto. Tema yang diusung pada acara buka bersama ini adalah Menguatkan Ukhuwah dalam Ilmu dan Amal seperti yang dikatakan Luthfi Agung Rizaldy selaku Ketua LEM FE-UII. “Inikan bulan Ramadhan, bulan yang dapat dijadikan momentum yang di dalamnya bisa menjadi titik temu dalam menarasikan ukhuwah islamiyah artinya persaudaraan berdasarkan Islam. Sejatinya kita kan sebagai muslim harus bersaudara,”

Luthfi juga berharap kedepannya pertemuan antar lembaga serta unit-unit kegiatan mahasiswa yang lainnya tidak hanya berlangsung sebatas dalam rangkaian acara buka puasa bersama ini saja, tetapi juga dapat lebih harmonis. “Bukan cuman di bulan Ramadhan saja acara berkumpul antar lembaga ini, tetapi kedepannya harus menjadi langkah awal untuk keharmonisan,” pungkas Luthfi.

Puluhan mahasiswa yang merupakan anggota dari lembaga kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan se-FE UII diundang dalam acara ini, momentum ini dikhususkan untuk mempererat tali silaturahmi antar seluruh lembaga serta unit kegiatan mahasiswa yang ada pada lingkup FE UII. “Ini sebenarnya ajang silaturahmi fakultas yang ada di FE, bukan hanya FE yang di sini saja tapi rekan-rekan dari HIMA D-III juga kami ajak, seluruh lembaga, UKM, masing-masing ada 10 orang itu diundang tanpa terkecuali,” ujar Muhammad Nidhom Al Makhrus selaku ketua pelaksana.

Faaza Fakhrunnas selaku kemahasiswaan yang turut hadir berpendapat ukhuwah antar lembaga penting baik dari segi ilmu maupun amal. “Kenapa kok Ramadhan bikin acara Iftar on the road itu sendiri-sendiri? Kenapa tidak bareng-bareng aja sekalian, apalagi ini momentumnya bulan Ramadhan kan lebih enak gitu maksudnya,” ujar Faaza.

Faaza juga menyatakan bahwa acara ini juga dapat dikatakan sebagai ajang apresiasi oleh pihak kampus kepada lembaga-lembaga yang ada pada lingkup FE UII. “Kita ingin mengapresiasi bahwa aktivis itu bekerja melebihi tugas intinya sebagai seorang mahasiswa untuk belajar, itu harus diapresiasi. Seberapapun kita mau ngegaji orang ikhlas, itu tak bisa terbayarkan keikhlasannya. Karena motivasinya bukan motivasi materi, tapi ketauhidan yang ia miliki,” tutur Faaza sewaktu ditemui di ruangannya.

Lebih jauh lagi Faaza berharap kepada mahasiswa yang sekaligus anggota atau pengurus dari setiap lembaga bekerja sesuai peran dan porsinya masing-masing. “Kita itu berkolaborasi sesuai dengan perannya masing-masing, media mengawasi, DPM membentuk regulasi, serta LEM melaksanakan. Makanya konteksnya kolaborasi tidak hanya ilmu, tetapi juga amal,” singkat Faaza.

 

Reporter : Arul, Ikrar, Azizah

Editor : Retno

250 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *