Rekomendasi Tempat

Bersantai dan Belajar di Eplus Cafe

(Foto : Azizah)

Oleh : Andi Nur Azizah Hafsah

Bacaekon.com-Rekomendasi. Kebutuhan akan tempat belajar dan mengerjakan tugas yang nyaman semakin tinggi. Berkumpul sambil belajar dan mengerjakan tugas di kafe sudah menjadi tren tersendiri di kalangan mahasiswa. Mulai dari suasana belajar yang tenang, nyaman, fasilitas lengkap, hingga harga terjangkau menjadi salah satu pertimbangan mahasiswa sebagai pelanggan.

Berbagai pilihan disediakan untuk menjadi tempat belajar dan mengerjakan tugas yang nyaman. Salah satunya adalah kafe. Terdapat banyak kafe di Yogyakarta yang menjadi sasaran pelanggan terutama mahasiswa. Salah satunya Eplus Cafe yang berada di kawasan Candi Gebang, jauh dari hiruk pikuk Kota Yogyakarta diharapkan bisa menambah kenyamanan bagi pelanggannya. “Emang konsepnya nyari tempat yang sepi, biar customer sendiri juga nyaman, nggak begitu terganggu dengan lalu lalang motor dan mobil juga lebih natural. Jadi kalau duduk di luar digigit nyamuk ya resiko,” jelas Gilang yang merupakan salah seorang barista di Eplus Cafe.

Eplus Cafe mulai beroperasi dari bulan September, meskipun baru beberapa bulan lamanya tempat ini sudah cukup dikenal di kalangan mahasiswa. Informasi tentang Eplus bisa diakses melalui akun instagram Eplus.co. Nama Eplus.co sendiri memiliki makna “entertaiment plus” yang menjelaskan bahwa Eplus bukan hanya ruang untuk bekerja, namun juga menyediakan hiburan seperti live music.

Tempat ini menyediakan banyak kursi panjang yang dapat memuat hingga delapan orang, penataan meja tidak dibuat bersekat sehingga mempermudah komunikasi. Jangan khawatir apabila hanya datang sendiri, terdapat juga meja yang berkonsep office table bersekat akan menjaga privasi. Eplus Cafe juga menyediakan tempat outdoor yang membuat pelanggan langsung berinteraksi dengan alam sekitar, pepohonan bambu menjadikan suasana terlihat lebih asri. Kafe ini sangat menjaga lingkungan dengan ruang bukaan yang luas, bertujuan untuk mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan menghemat pemakaian lampu pada siang hari. Intensitas cahaya yang digunakan kafe ini pada malam hari memiliki nuansa lembut dengan iringan musik, menemani pengunjung dalam bekerja dan bercengkrama bersama teman. Fasilitas penunjang juga tersedia cukup lengkap, seperti stopkontak di setiap meja, wifi, toilet, musala, serta parkiran untuk mobil dan motor cukup luas.

Kafe ini menawarkan dua  jenis kopi, yaitu espresso based seperti Cappucino, Coffee Latte, Moccacino yang bisa langsung dipesan, dapat disajikan dingin atau panas serta single origin dibuat secara manual salah satunya Vietnam Coffee. Jika tidak suka kopi, terdapat juga varian Smoothies, Mocktails, dan Teh yang bisa menjadi opsi lain. Ketika lelah bekerja dan merasa lapar tidak perlu meninggalkan kafe untuk mencari makanan, tersedia beberapa menu seperti Kentang goreng, Spaghetti, hingga Chicken Rice Bowl yang ditawarkan dengan Rp 15.000 sampai dengan Rp. 28.000.  

Kafe ini juga sangat instagramable sehingga sering dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung yang kebetulan datang atau pengunjung yang memang sengaja datang untuk foto produk. Jika datang untuk berfoto pada pukul 10 pagi hingga 6 sore pihak kafe tidak menarik biaya dengan catatan tidak mengganggu kenyamanan pelanggan lain. Jika tidak terlalu menyukai keramaian, sebaiknya datang di luar jam makan siang atau ketika sabtu malam dan mulai sepi ketika akhir bulan.

Reporter : Azizah, Agung, Firyal, Hikmah, Sarah, Taufan, Wenha

5886 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *