Berita Kampus

BERITA PELURUSAN : ORGANISASI EKSTERNAL DALAM PENGUNDURAN DIRI KOORDINATOR SEMATA 2019

Foto : Dokumentasi LPM Ekonomika

Oleh : Taufan Dwi Heryudanto

Dalam berita sebelumnya yang berjudul “Pengunduran Diri Koordinator Keamanan SEMATA 2019” (13/08/2019), terdapat satu pernyataan narasumber, Rikky Aryadwithya, yang mengatakan bahwa ada permainan organisasi eksternal dalam peristiwa tersebut. Organisasi eksternal yang dimaksud Rikky adalah Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (HMI FE UII). “Kalo juga aku pikir-pikir, kan aku telusuri juga kan orang-orang ini yang dari panitia juga, petinggi-petinggi nya itu loh seperti SC nya atau OC nya juga dari sana (HMI-red) kan,” tambahnya. 

Ia belum mampu membuktikan kebenaran dari asumsinya. Karena asumsi tersebut didasari pada apa yang diamati dan rasakan selama menjadi  staff, kemudian menjadi staff ahli saat terjadi pengunduran diri koordinator keamanan di kepanitiaan SEMATA 2019. Terlepas dari benar atau tidaknya asumsi pribadinya, Rikky meminta maaf jika ada pihak yang merasa dirugikan.

“Yang dimaksud eksternal HMI kan? Tidak ada,” ucap Muhammad Farras, koordinator keamanan yang baru, saat diwawancarai. Farras dengan tegas menampik asumsi tersebut. “Selama itu tidak bisa dibuktikan, berarti itu terpatahkan, yang jelas saya menganggap tidak ada permainan sama sekali,” tambahnya.

Andry Budiman, Ketua Umum HMI FE UII menanggapi bahwa semua itu sudah kebijakan dari Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (LEM FE) dan Ketua Organizing Committee (OC) SEMATA 2019. Menurut Andry, organisasi eksternal tidak bisa ikut bermain dalam kepanitiaan karena sudah ada struktur kepanitiaannya. “Enggak lah jelas, karena saya tidak mengetahui itu,“ kata Andry ketika ditanya apakah organisasinya terlibat dalam peristiwa tersebut.

Menurut Luthfi Agung Rizaldi, asumsi yang dilontarkan narasumber merupakan haknya dalam berpendapat. “Dia kan memiliki opini, dan opini tersebut tidak sepenuhnya benar, bisa jadi salah,” imbuh mahasiswa yang menjabat sebagai ketua LEM FE UII. Luthfi mempersilahkan publik yang menilai asumsi tersebut. “Kalo saya jawab ya tidak ada,” jawab Luthfi mengenai ada tidaknya permainan dari organisasi eksternal dalam pengunduran Koordinator Keamanan SEMATA 2019.

Senada dengan Luthfi, Agung Prastyo, Ketua OC SEMATA 2019, juga tidak membenarkan adanya permainan dari organisasi eksternal. Agung berpesan kepada pembaca untuk bijak dalam menanggapi sesuatu. “Tetap menjaga silaturahmi, komunikasi yang baik, kalo ada permasalahan ya diselesaikan dengan baik,” tutup mahasiswa Manajemen angkatan 2017 tersebut.

Reporter: Azizah, Ikrar, Gilang, dan Taufan

Editor : Ikrar


CATATAN REDAKSI :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada berita yang berjudul “Pengunduran Diri Koordinator Keamanan SEMATA 2019” yang diterbitkan pada tanggal 13 Agustus 2019, salah satu narasumber mengatakan “mundurnya Hilal dari kepanitiaan dikarenakan ada permainan dari organisasi eksternal.” LPM Ekonomika mengakui terdapat kesalahan dalam pengolahan dan verifikasi data dari narasumber sehingga menimbulkan protes dari salah satu organisasi eksternal yang merasa telah dirugikan oleh ucapan narasumber tersebut. Protes dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2019 dengan meminta penjelasan terkait berita tersebut di kantor LPM Ekonomika. Jumat, 23 Agustus 2019, bertempat di Mato Kopi, LPM Ekonomika melakukan audiensi dengan pihak terkait untuk memberi penjelasan isi berita. Atas kesalahan tersebut, LPM Ekonomika memohon maaf kepada publik dan seluruh pihak yang merasa dirugikan karena kurangnya verifikasi data  pada pemberitaan tersebut.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

697 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *