Berhati-hati dalam Mengkonsumsi Es Batu

Berhati-hati dalam Mengkonsumsi Es Batu

(sumber foto: dok.2.bp.blogspot.com)

Oleh : Dyah Kartika Putri

Bacaekon.com-opini. Siang hari yang panas dan gerah memang paling nikmat meminum es, agar rasa dahaga serta gerah yang dirasakan bisa berkurang. Dan tahukah Anda es balok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita ? Sebagai konsumen kita haruslah pintar dalam memilih makanan yang kita konsumsi, dan jangan sampai es yang kita minum setiap hari berbahan dasar es balok.

Es balok pada umunya diproduksi dengan bahan dasar air yang tidak layak konsumsi, misalnya menggunakan air sumur bahkan ada yang mengunakan air kali. Serta selama proses produksi es balok tidak terjamin kebersihannya, mungkin di antara kita pernah ada yang melihat pedagang es balok yang memecah esnya di pinggir jalan dengan alas karung yang lusuh, kemudian mengangkut es balok mengunakan becak yang tidak terjamin kebersihannya.

Dampak yang ditimbulkan ketika kita sering mengkonsumsi es balok dengan pengolahan yang tidak bersih secara terus menerus bisa mengakibatkan gangguan pada system pencernaan. Karena banyaknya mikroba ataupun bakteri yang terkandung di dalam es balok tersebut. Fungsi sebenarnya es balok digunakan sebagai pendingin cool box pedagang keliling, dll. Namun saat ini kita banyak temui pedagang es yang mengunakan es balok sebagai bahan dasar. Ditambah lagi dengan harga es balok yang jauh lebih murah dibandingkan dengan es batu pada umumnya.

Memang tidak semua es batu yang ada di pasaran (warung makan) tidak layak dikonsumsi. Namun kita sebagai konsumen sudah selayaknya berhati-hati, jika ingin terjamin kebersihannya bisa membuat es batu sendiri di rumah, membeli minuman dingin yang dalam kemasan, atau membawa bekal minum sendiri dari rumah.

1291 Total Views 2 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *