Benarkah Sidang Umum di dalam Sidang Umum?

Benarkah Sidang Umum di dalam Sidang Umum?

Oleh : Restin Septiana

Bacaekon.com-Kampus. Sidang Umum (SU), inilah ajang tahunan tempat berkumpulnya legislatif terpilih setelah masa pemilihan wakil mahasiswa, baik di tingkat universitas (SU U) maupun fakultas (SU F). Begitulah secara kultur penyelenggaraan SU F dibuka seusai SU U, seperti yang diungkapkan oleh Aldhy Setyawan, ketua Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas (DPM U) terpilih periode 2015/2016, pada Minggu (2/08).

Namun yang tidak biasa adalah pelaksanaan SU F yang berangsur-angsur dimulai oleh beberapa fakultas di Universitas Islam Indonesia (UII), sebelum SU U berakhir. Menerangkan hal itu, Aldhy Setyawan yang ditemui di ruang Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (DPM FH) membeberkan bahwa yang memiliki wewenang dan berhak menentukan penyelenggaraan SU F adalah Badan Pekerja (BP) SU di setiap fakultas.

Akan tetapi berangkat dari kekhawatiran agenda SU baik U maupun F yang belum selesai akan berbenturan dengan jadwal ospek dan kebingungan atas siapakah yang bertanggung jawab pada ospek tersebut. Maka legislatif terpilih universitas mengedarkan surat pemberitahuan kepada setiap fakultas untuk segera menyelenggarakan SU. “Kebanyakan fakultas juga mendesak kami untuk cepat begitu (menyelesaikan SU U). Sehingga kami keluarkan kebijakan seperti itu,” tambah Aldhy Setyawan yang tengah memakai topi hitam bertuliskan Mending Ngopi itu.

Untuk itulah BP FE UII yang berencana menyelenggarakan SU F pada 3 Agustus 2015 kemudian memajukannya menjadi tanggal 31 Juli 2015. “Jadi sekarang setiap fakultas sudah boleh menyelenggarakan SU masing-masing,” ungkap Dimas Wibisono, ketua BP FE UII.

Lebih lanjut menanggapi polemik sidang umum di dalam sidang umum, Aldhy Setyawan menjelaskan, “Ketika dikaitkan dengan dasar hukum, yaitu pedoman dasar kemahasiswaan, maka adakah pasal yang kami terobos.” Ia juga menambahkan bahwa pasal untuk penyelenggaraan SU F, selambat-lambatnya 10 hari setelah SU U berakhir adalah klausul. Akan tetapi tidak ada klausul untuk dimulainya SU F.

“Ketika sudah dibahas di universitas (SU U) dan ketika memang dalam keadaan mendesak, maka bisa untuk kemudian Sidang Umum Fakultas diadakan,” tandas Aldhy Setyawan.

 

Reporter : Affi, Restin

790 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *