Bakti Sosial LDF JAM, Saling Berbagi demi Kesempurnaan Ramadhan

Bakti Sosial LDF JAM, Saling Berbagi demi Kesempurnaan Ramadhan

(Foto : Irsan)

Oleh: Muhammad Irsan Rahadian

Bacaekon.com-Kampus. Dalam usaha meraih kemuliaan Ramadhan, Lembaga Dakwah Fakultas Jamaah Al-Muqtashidin Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (LDF JAM FE UII) mengadakan Bakti Sosial (baksos) pada Minggu, 12 Juli 2015. Bakti Sosial tersebut berada di Dusun Munggang Wetan, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Baksos ini merupakan acara puncak dari rangkaian Seuntai Indahnya Nikmat Ramadhan (SINAR) 1436 H yang berlangsung selama satu bulan.

“Kegiatan baksos kali ini ada bazar murah, pemberian sembako, dan lomba anak – anak. Uang hasil bazar murah akan kami serahkan lagi buat dikelola masjid setempat,” ucap Tariman selaku Ketua Organizing Committee (OC) Bakti Sosial tersebut. Acara baksos LDF JAM tahun ini dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB.

Tariman melanjutkan bahwa sembako yang disediakan oleh panitia nantinya akan diberikan kepada masyarakat. Sedangkan panitia baksos pun juga mengadakan bazar murah yang menjual pakaian layak pakai untuk segala umur dan beragam barang lainnya. Barang – barang tersebut dikategorikan dalam nominal harga yang berbeda, mulai dari 1000 rupiah hingga 5000 rupiah tergantung dari keadaan dan kualitas barang yang dijual. Selain itu, acara ini dimeriahkan dengan beragam lomba anak, seperti lomba mewarnai, adzan, kaligrafi, pemilihan da’i cilik (pildacil), dan hafalan doa – doa. Pihak panitia baksos meminjam ruang dan tempat Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Munggang Wetan sebagai lokasi diadakannya acara ini.

Sedangkan dana yang digunakan untuk baksos merupakan hasil penggalanggan dana yang telah dilakukan sejak pertengahan bulan Mei hingga Juni lalu. “Kami menggalang dana mulai dengan cara menjual jajanan ringan, pencarian sponsorship, bantuan dari dekanat, rektorat, dan badan wakaf, lalu ada pula donasi dari dosen serta mahasiswa,” ucap Tariman

“Untuk lokasi baksos tahun lalu dan sekarang memang sama, karena kami punya beberapa alasan untuk itu. Pertama, karena kondisi warga disini masih kekurangan. Kedua, kami ingin berbagi kepada masyarakat pada Ramadhan ini. Kemudian karena kami ingin melindungi masyarakat dari adanya kristenisasi yang terjadi disekitar desa sini,” ucap Alif Fikri sebagai ketua LDF JAM terpilih untuk periode 2015/2016. Fikri mengharap dengan adanya kegiatan baksos kali ini, nantinya Munggun Wetan akan menjadi desa binaan LDF JAM. Sehingga para pengurus LDF JAM akan dapat membantu lebih banyak dan terorganisir untuk masyarakat Munggung Wetan.

Reporter: Irsan

943 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *