AUDIENCE PROTES TIMING, DEBAT TETAP BERJALAN

AUDIENCE PROTES TIMING, DEBAT TETAP BERJALAN

Oleh: A. Afri Aryadi

Bacaekon.com. Menyongsong berakhirnya masa kepengurusan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) periode 2015/2016, pada Selasa, (10/5) dilaksanakan salah satu rangkaian kegiatan Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa), yakni debat calon legislatif (caleg). Kegiatan debat tersebut digelar pukul 11.00 WIB di Hall Tengah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia(FE UII) yang dihadiri oleh Ketua DPM FE UII, Maharditya Rozan Pratama, sekaligus merangkap sebagai moderator pada pelaksanaan acara debat, Ketua Bidang 2 dan 3 Komisi Pemilihan Umum (KPU), Unit Kegiatan Mahasiswa, serta mahasiswa FE UII.

Proses awal perjalanan debat menuai protes dari audiens, mereka mempermasalahkan tidak dibatasinya waktu bagi caleg dalam memaparkan gagasannya sehingga terdapat caleg yang terlalu lama memaparkan pendapatnya.

“Saya ingin menanggapi tentang waktu, yang pertama kok waktu ngga ada batasannya gitu lho. Cuman kita itu butuh gagasan-gagasan yang berbobot aja gitu lho, maksudnya perencanaan ke depan karena takutnya ada satu kandidat yang terlalu lama padahal dari kita semua menunggu kandidat yang kita nantikan jadi dikasih waktu maksimal dan membuktikan kandidat di sini bisa me-manage waktu dengan baik nggak,” ungkap Rizki Ramadhan, salah satu mahasiswa yang hadir di acara debat tersebut.

Hal senada juga disampaikan dari Gilang Irfan Mulia, ia mempertanyakan bahwasanya dalam waktu 3 jam apakah memungkinkan dapat terselesaikan dengan gagasan dari masing-masing caleg yang terlalu panjang.

Dalam tanggapan debat dari mahasiswa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespon positif pendapat tersebut dan memberikan keterangan supaya debat jelas mengenai gagasan visi misi dan program yang disampaikan oleh para caleg sehingga tidak terpotong dalam penyampaian atau setengah-setengah.

“Kenapa kita tidak ada batas waktu karena mereka biar bebas dan merdeka dalam memberikan pemahaman dan apa yang mereka bawa untuk lembaga ketika mereka menjadi DPM jadi temen-temen itu juga tahu. Kalau dibatasi waktu nanti jadi setengah-setengah pendapat yang disampaikan,” ungkap Bagas Aldhi, anggota KPU.

Bagas juga menyatakan bahwa debat kandidat ini baru pertama kali dilaksanakan di FE UII dengan harapan membawa hal baru yang nantinya bisa menjadi respon yang baik di lingkungan FE UII sekaligus menjadikan para pemilih dapat mengetahui kapasitas dan kapabilitas dari masing-masing calon legislatif. Selain itu perlunya evaluasi secara bertahap terhadap masing-masing rangkaian acara yang diadakan oleh KPU. Sehingga diharapkan kedepannya bisa menuai proses yang lebih baik, harap Bagas.

Reporter: Afri

 

407 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *