Berita Kampus

Alternatif Jalur Skripsi untuk Lulus dari Akuntansi UII

Foto : Mohammad Abinaya H.

Narasi : Retno Puspito Sari

Bacaekon.com-Menindaklanjuti sosialisasi pergantian kurikulum tempo hari, Program Studi Akuntansi kembali mengadakan sosialisasi terkait Program Magang dan Kewirausahaan sebagai alternatif kelulusan selain skripsi. Sosialisasi yang dilakukan pada Senin (19/7) secara khusus memaparkan dua jalur baru terkait kelulusan.

Sosialisasi yang diutamakan diikuti oleh angkatan 2018 dimulai dengan pemaparan materi terkait tujuan, mekanisme pelaksanaan, hingga penilaian serta etika yang perlu dipenuhi. Dasar hukum yang melandasi kedua jalur ini yakni Permendikbud RI Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi pada pasal 5 ayat 1.

Dua jalur ini hanya berlaku bagi mahasiswa angkatan 2018 dan seterusnya. Sedangkan Angkatan 2017 dan sebelumnya masih menggunakan jalur skripsi seperti biasanya. Kemudian terdapat beberapa keterangan lanjutan seperti telah menempuh 123 sks; mempunyai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,60; dan lulus mata kuliah Metodologi Penelitian Akuntansi minimal C. Tak lupa, setiap mahasiswa juga wajib melakukan key-in program tersebut.

“Ada mata kuliah yang dipersiapkan untuk ikut program wirausaha,” tutur Fitriati Akmila, salah satu dosen Akuntansi. Terkhusus untuk jalur kewirausahaan, sebelumnya mahasiswa diwajibkan menempuh mata kuliah wajib Kewirausahaan seperti Inisiasi dan Studi Kelayakan Bisnis, Pemasaran Digital dan Kewirausahaan, Inovasi Produk, serta Akuntansi dan Perpajakan UMKM. Akmila memaparkan jika mahasiswa tertarik mengikuti program wirausaha pada semester tujuh harus mengikuti mata kuliah tersebut.

Pendaftaran jalur magang dan kewirausahaan dibuka mulai tanggal 19 Juli hingga 2 Agustus 2021. Mahasiswa yang tertarik mengikuti jalur ini tidak serta merta dapat langsung mengikuti. Namun, harus menempuh proses seleksi dan wawancara oleh program studi pada 3-15 Agustus. Hasil akan diumumkan tanggal 19 Agustus.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari program magang antara lain meningkatkan penguasaan dan pemahaman penerapan akuntansi dalam perusahaan, mahasiswa mampu beradaptasi dengan budaya kerja, dan meningkatkan keterampilan dan soft skills. Sedangkan dari program kewirausahaan yakni mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan usaha lebih dini, mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah kewirausahaan, dan menangani pengangguran intelektual dari kalangan sarjana.

Akmila berulang kali menekankan bahwa perlu dipikirkan secara matang pilihan jalur yang diambil dikarenakan adanya konsekuensi SKS yang berdampak.

Rifqi Muhammad, Sekretaris Prodi Akuntansi, mengungkapkan terkait formulasi biaya masih dibahas di tingkat universitas dan kira-kira bulan Agustus akan dipublikasikan. “Harapannya nggak jauh-jauh dari biaya skripsi,” tutur Rifqi.

Reporter : Retno Puspito Sari

Editor : Ikrar Aruming Wilujeng

133 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *