Aksi Solidaritas untuk Perempuan

Aksi Solidaritas untuk Perempuan

(sumber foto : toptweet.org)

Oleh : Dina Artika Andeswari

Bacaekon.com – Yogyakarta. Beberapa komunitas di Yogjakarta bersatu dalam menghelat aksi solidaritas di Kilometer nol (Km 0) seminggu lalu (10/5). Aksi ini dilatarbelakangi dari ditemukannya dua jasad  mahasiswi di kamar kosnya masing-masing, baik yang meninggal setelah mengalami pendarahan akibat melahirkan sendiri, maupun dibunuh setelah pemerkosaan.

Aksi ini mampu menarik perhatian  masyarakat terbukti dari banyaknya peserta aksi yang mengikuti jalannya acara. Acara ini mengundang beberapa komunitas maupun himpunan mahasiswa daerah. Aksi solidaritas tersebut dilakukan oleh gabungan dari komunitas-komunitas peduli wanita, seperti : Jaringan Perempuan Yogyakarta, One Billion Rising Jogja, Perempuan Mahardhika, Jaringan Perempuan Pekerja Rumah Tangga DIY, Perempuan Indonesia Anti Korupsi Jogja, Save Street Child Jogja dan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia-Yogyakarta.

Selain itu hadir pula tokoh-tokoh pejuang kaum wanita, salah satunya Alissa Wahid. “Ya sedih, sedih kita harus berada pada titik ini, di mana kita berkumpul untuk sebuah bencana yang tidak hanya untuk korban,” tutur Alissa Wahid putri sulung mantan presiden ke-4 (Alm.) KH Abdurrahman Wahid. Ia menyampaikan keprihatinan bagi kasus kekerasan terhadap wanita.

“Banyak korban seperti ini yang tidak terekspos, banyak sekali,” lanjutnya. Selama ini, banyak kaum wanita yang mengalami ketidakadilan dikarenakan wanita dianggap lemah. “Perempuan Indonesia harus bisa mengambil posisi yang lebih kuat, terutama sebagai agen perubahan yang dalam hal ini menjadi penting dikarenakan nasib mereka sendiri yang dilemahkan,” Alissa Wahid.

Aksi solidaritas ini diisi dengan orasi, membaca puisi dan menyanyikan  lagu. Puncaknya ialah berdoa bersama tepat di tengah jalan Km 0 dengan menyalakan  sebuah  lilin bagi tiap peserta yang melambangkan rasa duka cita untuk korban.

 

Reporter; Ulfa, Dina dan Arief

 

667 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *