AKSI Perdana di SEMATA

AKSI Perdana di SEMATA

Foto: Dina

Oleh: Dina Artika Andeswari

Bacaekon.com–Kampus. Beberapa mahasiswa/i baru Fakultas Ekonomi (FE) Universitas  Islam Indonesia (UII) mengikuti rangkaian acara Semangat Ta’aruf (SEMATA) 2015 yaitu kegiatan AKSI yang berlangsung pada Minggu pagi (30/8) di halaman depan kampus FE.

Hal ini tentu berbeda dengan SEMATA pada tahun-tahun sebelumnya yang tidak menempatkan kegiatan AKSI pada rundown acara. “Sebenarnya tujuan AKSI ini untuk melatih mahasiswa bagaimana mengemukakan pendapat di depan umum” tutur Muhilal Ashar selaku Komisi A Panitia SEMATA 2015.

Aksi tersebut diwakilkan oleh tiga sampai empat orang mahasiswa/i baru untuk tiap jama’ahnya. Awalnya AKSI ini justru akan diadakan di perempatan jalan depan kampus FE  agar mahasiswa/i baru lebih berani. Namun hal ini urung dilakukan oleh pihak Panitia setelah dilakukannya banyak pertimbangan.

Mahasiswa berkacamata yang biasa disapa Hilal ini menjelaskan bahwa kegiatan AKSI mengangkat tema tentang isu terhangat terkait dengan kapitalisme dan nilai tukar rupiah yang  semakin turun. Terkait dengan isu tersebut mahasiswa dipancing harus berpendapat salah satunya melalui orasi.

AKSI yang menurut Muhammad Yusuf selaku Koordinator Acara ini seru, ternyata justru meninggalkan sampah kertas yang berisi coretan-coretan orasi buatan mahasiswa/i baru FE. Pihaknya mengatakan bahwa memang ada kesengajaan untuk memamerkan sisa-sisa atribut orasi ini kepada Dekanat. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan seberapa kritis mahasiswa/i  baru.

Sementara itu saat dikonfirmasi mengenai penanggungjawab sampah sisa orasi kepada mahasiswa Akuntansi angkatan 2013 ini ternyata telah diserahkan pada staf Divisi Perlengkapan.

Reporter: Agung, Dina, Ridho

659 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *