ACARA SINAR 1438 H LEBIH DIPERSINGKAT, KOOR ACARA: BIAR LEBIH FOKUS

ACARA SINAR 1438 H LEBIH DIPERSINGKAT, KOOR ACARA: BIAR LEBIH FOKUS

 

Oleh : Fenny Fithri Ramadhani

BACAEKON.COM-KAMPUS. SINAR (Seuntai Indahnya Nikmat Ramadhan) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan hanya di bulan Ramadhan (10/06) oleh Lembaga Dakwah Fakultas Jama’ah Al-Muqtashidin Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (LDF  JAM FE UII), dimana acaranya dikoordinir oleh mahasiswa/i magang LDF JAM FE UII dan tahun ini koordinasi dengan membuka open recruitment kepanitiaan SINAR 1438 H.

Acara SINAR tahun ini berbeda dengan tahun lalu, lebih tepatnya acaranya lebih dipersingkat pada tahun ini. Dila Armelita selaku Koordinator Acara menuturkan, “Untuk acara tahun ini mungkin lebih dipersingkat dibandingkan tahun lalu. Kalau tahun lalu itu lebih banyak, kaya lomba-lomba dan segala macam. Kita belajar dari tahun lalu kemungkinan sedikit peminat untuk yang ikut lomba, jadi kita memperpadet acara sinar tahun ini jadi ada 5 rangkaian acara saja.” Dila juga menambahkan dengan acara SINAR yang dipersingkat tahun ini, panitia lebih bisa fokus ke acara yang inti karena melihat track record sebelumnya dimana kurang peminatnya jadi mencari acara yg benar-benar inti dengan merangkul teman-teman civitas ekonomi.

Acara lain yang berbeda dengan acara SINAR tahun sebelumnya seperti buka puasa di jalan yang ditiadakan di tahun ini, karena melihat sudah banyaknya donatur yang berbagi di jalan. Jadi panita berharap acara lebih fokus dengan merangkul mahasiswa terutama fakultas ekonomi UII . Selain itu,  adanya lomba-lomba di tahun sebelumnya yang di cut.

Acara SINAR 1438 H berlangsung mulai tanggal 24 Mei 2017, dimana diawali dengan acara Tabligh Akbar yang menghadirkan Ust. Dr. Amir Faishol Fath, MA (Juri Hafidz Indonesia RCTI) dengan membawakan tema “Memaknai Ramadhan sebagai Momentum Perbaikan Diri dengan Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman” bertempat di Masjid Al-Muqtashidin FE UII. “Beliau membahas tentang bagaimana persiapan kita menjelang ramadhan, bagaimana kita menyikapi ramadhan, bagaimana kita mengimprove ibadah kita di bulan ramadhan, terus nilai-nilai dalam islam yang harus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.” Dila menceritakan. Adapun rangkaian acara SINAR yang lain diantaranya Kajian Sore, Pasar Sore Ramadhan, Bakti Sosial, dan Nuzulul Qur’an. Dari rangkaian acara tersebut, Pasar Sore Ramadhan merupakan acara yang berbeda dari tahun lalu. “Kita mengutamakan teman-teman fakultas ekonomi yang punya usaha, kita beri kesempatan untuk mereka bisa berjualan di pasar sore ini. Nah mungkin kita ngadain pasar sore ya kita ibaratnya nggak hanya kita terus menerus kajian, tetapi kita juga ada refreshingnya juga, jadi ngadain kaya bazar gitu. “ Dila menambahkan.

Tak hanya warga fakultas ekonomi UII saja yang meramaikan acara SINAR, ada masyarakat luar, mahasiswa luar dan mahasiswa UII terpadu juga ikut meramaikan acara tersebut.

Acara SINAR berakhir tanggal 15 Juni dengan mengadakan acara kajian “Kilas Balik Perang Badar dan Wonderful Hijrah” berkoordinasi dengan departemen syiar LDF JAM yang diadakan di Hall Tengah FE UII.

“Saya berharap temen-teman tetep solid dan bisa membagi waktu. Karena saya berprinsip bahwa kita bukan mencari kuantitas tetapi kita mencari kualitas, nggak masalah jika jamaahnya yang datang nggak begitu banyak, tetapi kualitas yg kita berikan. Jadi butuh kerjasama yg baik buat acara ini lebih bagus, lebih berkah dan jauh lebih baik dibanding tahun sebelmnya.” Dila menambahkan di akhir wawancara.

Reporter : Fenny

29573 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *