Abdul Jamil Berbicara Kecurangan BG

Abdul Jamil Berbicara Kecurangan BG

Oleh : Arief Setya Negara

Bacaekon.com – Kampus. Isu KPK Vs. Polri yang saat ini mencuat baik di media sosial maupun media pers komersil melatari Aksi Solidaritas Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII). Tidak hanya itu, Isu tersebut juga mendapat banyak tanggapan baik dari elit perintah, politik maupun kalangan akademika. Dr. Abdul Jamil, SH, MH selaku Wakil Rektor tiga UII Periode 2014-2018 merupakan salah satunya. Ditemui seusai perhelatan unjuk rasa civitas akademika UII (17:59, 26/01), Abdul Jamil juga memberikan komentar kontra terhadap penahan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Jumat lalu (23/1).
(Baca: Aksi, Wujud Peduli Mahasiswa UII)

 

Ia mengatakan, apabila Bambang Widjojanto (BW) terbukti tidak bersalah, BW jangan diberhentikan, justru dibersihkan nama atas segala tuduhannya. “Karena memang pada prinsipnya, prosedur hukum yang harus dikedepankan,” tambah Abdul Jamil menanggapi pemberhentian BW terkait dengan dinon-aktifkannya BW yang diatur dalam Pasal 32 ayat 2 UU No. 30 tahun 2002 tentang KPK sebagaimana dianalisir dari Detik.com pada 24 Januari 2015 lalu.

 

Abdul Jamil juga memberikan tanggapan pro terhadap opini publik bahwa alasan penangkapan BW dikarenakan KPK sedang memproses perkara Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawa (BG) selaku Kepala Polri. Ia beranggapan bahwa seharusnya BG yang harus diberhentikan dari Polisi, agar Komjen BG sendiri tidak menyalahgunakan dan memanfaatkan posisi juga orang-orang yang ada di sekitarnya. “Ingat loh, orang yang sudah dijadikan tersangka oleh KPK itu pasti akan diajukan ke pengadilan (menjadi terdakwa). Gak main-main, karena KPK tidak punya SP-3. KPK itu pasti punya bukti, berbeda dengan Polri. Polri bisa main-main, karena adanya pemberhentian penyidikan, yaitu SP-3,” tambah Abdul Jamil.

 

Abdul Jamil justru menambahkan bahwa presidenlah kunci dari isu ini. Dengan ketegasan dan hak prerogatif, Joko Widodo dapat memberhentikan Komjen BG atau membuat tim khusus yang beranggotakan polisi-polisi independen yang bersih dan tidak memiliki kepentingan.

(Baca: Masih Banyak Polri yang Bersih dan Jujur)

1053 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *