35 TAHUN IKATAN KELUARGA YOGYAKARTA DI TANAH PAPUA

35 TAHUN IKATAN KELUARGA YOGYAKARTA DI TANAH PAPUA

(Foto: Ageng)

Oleh: Ageng Ramadhanta

Bacaekon.com-Sorong. 27 November 1980 merupakan hari bersejarah bagi warga Jogja di tanah Papua. Pada tanggal tersebut warga Jogja di tanah Papua membentuk sebuah perkumpulan bernama Ikatan Keluarga Yogyakarta (IKY).

Pada tahun 2015 ini IKY genap berusia 35 tahun. Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke 35 tahun, warga Jogja di tanah Papua mengadakan berbagai macam rangkaian acara seperti kirab budaya, kesenian budaya, reog oleh komunitas Jogja, campursari, serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Subardi. Rangkaian acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu 28 November 2015 mulai pukul 09:00 WIT.

Kirab budaya dengan arak-arakan tumpeng yang diikuti oleh sekitar delapan rukun tetangga (RT) pun dilaksanakan. Meski diguyur hujan singkat, tidak mengurangi antusiasme peserta kirab budaya dan warga yang menonton di sepanjang Jalan Wortel sampai Jalan Kacang, Kelurahan Malasom Kecamatan Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat.

“Harapannya terus tetap ada peringatan ultah (ulang tahun IKY-red) sampai cucu-cucu nanti,” harap Wiwin Dwi Utari pemuda asal Jogja terebut. Wiwin pun mengharapkan agar acara semacam ini dapat memberi dampak positif bagi kerukunan antar umat beragama dan solidaritas antar warga di kabupaten Sorong secara keseluruhan.

Selanjutnya acara memperingati hari jadi IKY yang ke 35 ini terpusat di kediaman Singat Haryanto di Jalan Kacang Kelurahan Malasom. Acara tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat Papua dan pejabat-pejabat pemerintah daerah Kabupaten Sorong.

Terselenggaranya acara ini sendiri bertujuan untuk mempererat tali silatuhrami antar warga Jogja. Sehingga tercipta suasana kekeluargaan yang harmonis dan dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sorong guna mendukung pembangunan di Kabupaten Sorong. “Harapan kami di waktu yang akan datang warga Jogja semakin  rukun dan juga kompak dalam rangka meningkatkan kesejateraannya. Ini adalah salah satu bukti bahwasannya warga Jogja telah berusaha sekuat tenaga memupuk rasa kegotong-royongan, sehingga warga Jogja merasa tenang, tentram, sejahtera,” ungkap Muji Raharjo selaku wakil sekretaris panitia ulang tahun IKY ke 35.

“Di samping itu juga mengharapkan kepada semua pihak dengan adanya acara ini bisa menjalin sesama warga Kabupaten Sorong tercipta suasana yang rukun dan harmonis,” sambungnya.

Tahun lalu acara semacam ini dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sri Sultan datang ke Kabupaten Sorong guna memenuhi undangan dari warga Jogja yang ada di Kabupaten Sorong. Dalam sambutannya, Sri Sultan mengharapkan agar warga Jogja di Kabupaten Sorong tetap semangat dalam bekerja, menjalankan aktivitas guna mendukung peningkatan pembangunan di Kabupaten Sorong.

 

Reporter: Ageng

1348 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *